PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG

Kata kunci : gaya kepemimpinan, komunikasi intern, efektivitas kerja
Efektivitas kerja merupakan derajat pencapaian tujuan suatu organisasi berdasarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Efektivitas kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain gaya kepemimpinan, komunikasi intern, tata ruang kantor, motivasi kerja dan lain-lain. Dalam penelitian ini yang akan dibahas yaitu pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) adakah pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja? (2) seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja baik secara simultan maupun secara parsial? Dengan tujuan penelitian : (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai baik secara simultan maupun parsial.
Populasi penelitian ini adalah pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang tidak menduduki posisi sebagai Kepala Dinas, Kabag TU dan Kabid. Sehingga jumlah populasi adalah 90 orang. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu : (1) gaya kepemimpinan (2) komunikasi intern (3) efektivitas kerja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier ganda dengan menggunakan SPSS for windows release 12.
Berdasarkan analisis deskriptif persentase diperoleh besarnya gaya kepemimpinan adalah sebesar 84,24% dan termasuk kategori sangat baik, tingkat komunikasi intern sebesar 86% termasuk kategori sangat baik, sedangkan tingkat efektivitas kerja sebesar 78,78% termasuk kategori baik. Sedangkan berdasarkan perhitungan analisis regresi linier ganda diperoleh persamaan : Y = 8,740 + 0,405 X1 + 0,513 X2. Berdasarkan perhitungan analisis regresi linier ganda juga diperoleh Fhitung sebesar 17,234 dengan signifikansi 0,000. Karena harga signifikansi yang diperoleh tersebut kurang dari 0,05, maka model regresi tersebut yang diperoleh signifikan. Hal ini berarti bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima, yaitu ada pengaruh gaya komunikasi dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja. Besarnya pengaruh tersebut secara simultan 28,4% sedangkan secara parsial adalah 16% untuk variabel gaya kepemimpinan dan 5,29% untuk komunikasi intern. Berdasarkan hasil penelitian, gaya kepemimpinan dan komunikasi intern memberikan pengaruh yang positif terhadap efektivitas kerja. Gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh yang lebih besar dari pada komunikasi
vi ii
intern. Saran yang diberikan penulis adalah : (1) Pihak pimpinan hendaknya meningkatkan perilaku partisipatif dan perilaku delegatif. Artinya, pimpinan lebih melibatkan peranan naggota dalam setiap pengambilan keputusan serta memberikan kepercayaan kepada bawahan untuk mengarahkan dirinya sendiri dalam memikul tanggung jawab yang diberikan kepadanya. (2) Hendaknya pimpinan kantor dinas pendidikan kabupaten Semarang memperhatikan faktor-faktor lain di luar faktor gaya kepemimpinan dan komunikasi intern. Misalnya faktor motivasi, tata ruang kantor, lingkungan kerja dan lain sebagainya. Karena ada kemungkinan faktor-faktor tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap efektivitas kerja.
ix
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL................................................................................... i
PERSETUJUAN PEMBIMBING............................................................. ii
PENGESAHAN KELULUSAN................................................................ iii
PERNYATAAN.......................................................................................... iv
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.............................................................. v
PRAKATA.................................................................................................. vi
SARI........................................................................................................... viii
DAFTAR ISI................................................................................................. x
DAFTAR TABEL....................................................................................... xii
DAFTAR GAMBAR.................................................................................. xiii
DAFTAR LAMPIRAN.............................................................................. xiv
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah............................................................ 1
1.2 Identifikasi dan Perumusan Masalah........................................ 6
1.3 Tujuan Penelitian...................................................................... 7
1.4 Kegunaan Penelitian................................................................. 7
1.5 Sistematika Penulisan Skripsi................................................... 8
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Gaya Kepemimpinan.................................................10
2.1.1 Penelitian Sebelumnya Tentang Gaya Kepemimpinan.10
2.1.2 Pengertian Kepemimpinan........................................... 10
2.1.3 Pengertian Gaya Kepemimpinan..................................10
2.1.4 Menentukan Gaya Kepemimpinan...............................12
2.1.5 Gaya Dasar Kepemimpinan..........................................12
2.2 Tinjauan Komunikasi................................................................14
2.2.1 Pengertian Komunikasi Intern.................................... ..14
2.2.2 Komponen-Komponen Dalam Komunikasi Intern...... 15
x
2.2.3 Jenis-Jenis Komunikasi Intern........................................16
2.2.4 Dimensi-Dimensi Komunikasi Intern.............................18
2.2.5 Komunikasi informal dalam organisasi..........................26
2.2.6 Masalah-masalah komunikasi dan pemecahannya ........27
2.3 Tinjauan Efektivitas Kerja..........................................................29
2.3.1 Pengertian Efektivitas Keja............................................29
2.3.2 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Kerja...30
2.3.3 Alat Ukur Efektivitas Kerja............................................31
2.4 Kerangka Pikir............................................................................34
2.5 Hipotesis.....................................................................................36
BABIII METODE PENELITIAN
3.1 Populasi......................................................................................37
3.2 Variabel Penelitian.....................................................................37
3.3 Metode Pengumpulan Data........................................................39
3.4 Validitas Dan Reliabilitas Instrumen.........................................40
3.4.1 Validitas Instrumen........................................................40
3.4.2 Hasil Pengujian Validits Instrumen...............................41
3.4.3 Reliabilitas Instrrumen..................................................42
3.4.4 Hasil Pengujian Reliabilitas Instrumen.........................43
3.5 Metode Analisis Data................................................................43
3.5.1 Metode Analisis Deskriptif........................................ ...43
3.5.2 Analisis Regresi.............................................................44
BAB IV HASIL PENELITIAN
4.1 Hasil Penelitian.........................................................................47
4.1.1 Gambaran Umum Kantor Dinas Pendidikn.....................47
4.1.2 Deskripsi Variabel Penelitian..........................................49
4.1.3 Analisis Statistik..............................................................52
4.2 Pembahasan..............................................................................56
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan..................................................................................59
5.2 Saran........................................................................................59
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................61
LAMPIRAN...................................................................................................62 x i
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1 Distribusi Jawaban Responden Pada Variabel Gaya Kepemimpinan49
Tabel 2 Distribusi Jawaban Responden Pada Variabel Komunikasi Intern....50
Tabel 3 Hasil Analisis Deskriptif Persentase Tiap Sub Variabel Komunikasi Intern..................................................................................................50
Tabel 4 Distribusi Jawaban Responden Pada Variabel Efektivitas Kerja.......51
Tabel 5 Hasil Analisis Deskriptif Persentase Tiap Sub Variabel Efektivitas
Kerja...................................................................................................52
Tabel 6 Ringkasan Perhitungan Analisis Regresi Antara Gaya Kepemimpinan
dan Komunikasi Intern Tehadap Efektivitas Kerja di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang......................................................53
xi i
DAFTAR BAGAN
Halaman
Bagan 1 Kerangka Pikir..................................................................................38
xi ii
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 Struktur organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.. 62
Lampiran 2 Angket penelitian..................................................................... 63
Lampiran 3 Data hasil angket penelitian..................................................... 66
Lampiran 4 Data hasil uji validitas gaya kepemimpinan tahap 1............... 68
Lampiran 5 Data hasil uji validitas gaya kepemimpinan tahap 2............... 69
Lampiran 6 Data hasil uji validitas komunikasi intern............................... 70
Lampiran 7 Data hasil uji validitas efektifitas kerja................................... 71
Lampiran 8 Data hasil Analisis................................................................... 72
Lampiran 9 Data hasil penskoran angket penelitian................................... 74
Lampiran 10 Data hasil distribusi frekuensi dan distribusi persentase......... 77
Lampiran 11 Analisis Deskriptif Persentase Tiap Variabel.......................... 78
Lampiran 12 Analisis Deskriptif Persentase Tiap Indikator......................... 81
Lampiran 13 Data hasil Regresi.................................................................... 89
Lampiran 14 Surat ijin obeservasi/penelitian................................................ 91
Lampiran 15 Surat Rekomendasi Penelitian ................................................ 92
xi v
1
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Sumber daya manusia merupakan komponen utama suatu organisasi yang menjadi perencana dan pelaku aktif dalam setiap aktivitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status dan latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin yang heterogen yang dibawa kedalam suatu organisasi sehingga tidak seperti mesin, uang dan material, yang sifatnya pasif dan dapat dikuasai dan diatur sepenuhnya dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi.
Sumber daya manusia baik yang menduduki posisi pimpinan maupun anggota merupakan faktor terpenting dalam setiap organisasi atau instansi baik pemerintah maupun swasta. Hal ini karena berhasil tidaknya suatu organisasi atau instansi sebagian besar dipengaruhi oleh faktor manusia selaku pelaksana pekerjaan.
Organisasi merupakan suatu kumpulan orang-orang yang saling bekerjasama dengan memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Tujuan organisasi adalah tercapainya suatu tujuan dimana individu-individu tidak dapat mencapainya sendiri. Dengan adanya sekelompok orang yang bekerjasama secara kooperatif dan dikoordinasikan dapat mencapai hasil yang lebih dari pada dilakukan oleh satu orang. Dengan demikian tiang dasar dalam pengorganisasian yaitu prinsip
2
pembagian kerja atau division of labour (Handoko, 1995:171). Dalam mencapai tujuan organisasi banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya kualitas sumber daya manusia atau pegawai , metode kerja, lingkungan kerja dan fasilitas-fasilitas yang menunjang tercapainya tujuan.
Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan pekerjaan yaitu terwujudnya efektivitas kerja yang positif. Untuk mewujudkan efektivitas kerja yang positif tentunya bukan merupakan usaha yang mudah, karena dipengaruhi beberapa faktor diantaranya : lingkungan kerja, tata ruang kantor, suasana kerja, gaya kepemimpinan dan komunikasi baik intern maupun ekstern dan lain sebagainya. Berkaitan dengan hal tersebut dalam penelitian ini hanya akan membahas faktor gaya kepemimpinan dan komunikasi intern.
Dalam suatu organisasi atau instansi, kepemimpinan berkaitan dengan pengarahan kepada pegawai untuk melakukan pekerjaan. Ini menjadi bagian penting dalam memahami perilaku kerja. Beberapa penelitian telah memperlihatkan bahwa tidak ada “satu cara terbaik untuk memimpin bawahan. Ini tergantung pada pemimpinnya, bawahan, dan situasi yang ada.
Pemimpin yang baik pasti akan mendapatkan hasil pekerjaan lebih banyak dari bawahannya dengan sikap sebagai pemimpin yang baik. Untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang sesuai, mereka tidak hanya melihat posisinya sebagai pemimpin yang menghendaki segalanya telah dilakukan, tetapi mereka harus pula bekerja dalam struktur yang ada secara efektif.
3
Gaya kepemimpinan dapat didefinisikan sebagai pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dengan tujuan individu untuk mencapai suatu tujuan tertentu (Heidjrachman dan Suad Husnan, 2002:224). Setiap pemimpin bisa mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain, dan tidak mesti suatu gaya kepemimpinan lebih baik atau lebih jelek dari pada gaya kepemimpinan yang lainnya.
Macam gaya kepemimpinan yang diterapkan dalam suatu organisasi dapat membantu menciptakan efektivitas kerja yang positif bagi pegawai. Adanya gaya kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dan kondisi organisasi maka pegawai akan lebih semangat dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dan mempunyai harapan terpenuhinya kebutuhan.
Selain gaya kepemimpinan, komunikasi intern juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam mewujudkan efektivitas kerja yang positif. Komunikasi intern adalah proses penyampaian pesan-pesan yang berlangsung antar anggota organisasi, dapat berlangsung antara pimpinan dengan bawahan, pimpinan dengan pimpinan, maupun bawahan dengan bawahan (Muhyadi 1989:164).
Komunikasi intern akan lebih efektif, jika berbagai faktor yang mendukung keberhasilan dapat digunakan secara bersama-sama. Faktor-faktor tersebut diantaranya : berusaha memperoleh umpan balik, menggunakan bahasa yang benar dengan diikuti gerakan badan untuk memperjelas isi pesan, dan bila perlu dilakukan pengulangan dalam hal
4
penyampaian, menempatkan diri baik sebagai penyampai maupun penerima. Adanya komunikasi intern pada sebuah instansi, maka koordinasi dan kerjasama dalam melaksanakan pekerjaan bisa berjalan dengan baik.
Dinas Pendidikan merupakan suatu instansi pemerintah yang berperan dalam mengembangkan, meningkatkan kualitas dan mengkoordinasi unsur pendidikan. Di lembaga inilah aktifitas para pegawai diharapkan mampu berperan dalam mewujudkan suatu pola pendidikan serta mampu mengatasi segala permasalahan yang berhubungan dengan kualitas pendidikan.
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang merupakan salah satu institusi pendidikan di tingkat daerah Kabupaten Semarang yang bertanggung jawab dalam mengembangkan, meningkatkan kualitas dan mengkoordinasi unsur pendidikan di lingkup Kabupaten Semarang. Di lembaga inilah semestinya para pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang bekerja secara optimal demi kemajuan kualitas pendidikan di tingkat Kabupaten Semarang. Namun berdasarkan observasi lapangan yang dilakukan pada bulan Juli 2005, ternyata masih cukup banyak terjadi kenyataan yang kurang sesuai dengan harapan, yaitu masih rendahnya etos kerja pegawai. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pegawai yang tidak tepat waktu pada saat masuk kantor, menunda pelaksanaan tugas kantor, keluar kantor pada saat jam kantor dan kekurangefisienan dalam pemanfaatan sarana kantor. Rendahnya etos kerja yang ditunjukkan oleh para pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang tentunya berkaitan dengan gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh pimpinan. Karena gaya kepemimpinan merupakan kegiatan
5
mempengaruhi dan mengarahkan tingkah laku bawahan atau orang lain untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok (Kartono, 1982:39). Selain itu letak ruang kantor yang agak berjauhan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain tentunya juga berpengaruh terhadap kelancaran pelaksanaan komunikasi intern dalam instansi tersebut. Permasalahan-permasalahan tersebut tentunya berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai. Karena efektivitas berkenaan dengan derajat pencapaian tujuan Organisasi, baik secara implisit maupun eksplisit, yaitu seberapa jauh rencana dapat dilaksanakan dan seberapa jauh tujuan dapat tercapai (Soegiyono, 2001:23).
Apabila efektivitas kerja pegawai kurang optimal tentunya tujuan organisasi yang telah ditetapkan juga tidak akan dapat tercapai dengan baik. Dua hal inilah yang perlu mendapatkan perhatian dari pihak manajerial terutama pimpinan instansi, agar dapat sedini mungkin mengantisipasi dan berupaya meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia yang ada pada lembaga tersebut. Bagaimana mungkin tujuan yang ditetapkan dapat tercapai, apabila banyak pegawai yang kurang peduli dengan tanggung jawabnya belum lagi pelaksaan komunikasi intern yang kurang optimal.
Dari uraian diatas penulis tertarik untuk meneliti gaya kepemimpinan dan komunikasi intern yang ada pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang, sehingga judul yang diangkat dalam penelitian ini adalah :
“PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG”
6
1.2 Identifikasi dan Perumusan Masalah
Dalam sebuah organisasi atau instansi, peran kepemimpinan merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap terciptanya efektivitas kerja. Bahkan sekarang ini bisa dikatakan bahwa kemajuan yang dicapai dan kemunduran yang dialami oleh suatu instansi, sangat ditentukan oleh peranan pemimpinnya yang dapat dilihat dari gaya kepemimpinannya.
Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai efektivitas kerja. Jika seorang pemimpin mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, maka para pegawai pun akan dapat bekerja dengan nyaman dan semangat yang tinggi.
Selain gaya kepemimpinan, komunikasi intern juga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas kerja. Komunikasi yang efektif akan tercapai jika informasi, ide, pesan-pesan maupun gagasan disampaikan dengan jelas, dipersepsi, dimengerti dan dilaksanakan sama dengan maksud si pengirim pesan.
Sehingga untuk meningkatkan kinerja pegawai kantor dinas pendidikan tentunya salah satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah terciptanya efektivitas dalam tugas dan tanggung jawabnya. Terciptanya efektivitas kerja tentunya akan dipengaruhi oleh berbagi faktor. Diantaranya adalah gaya kepemimpinan dan komunikasi intern.
7
Dari uraian tersebut diatas maka permasalahan dalam penelitian ini adalah :
1. Adakah pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ?
2. Seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja Pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ?
2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern baik secara parsial maupun secara simultan terhadap efektivitas kerja Pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
1.4 Kegunaan Penelitian
1. Kegunaan Teoritis
a. Untuk menambah dan memperluas wawasan pengetahuan tentang sumber daya manusia khususnya tentang kepemimpinan dan komunikasi.
b. Untuk menambah pengetahuan mahasiswa lain serta sebagai acuan untuk penelitian berikutnya.
8
2. Kegunaan Praktis
a. Bagi Kantor Dinas Pendidikan
Memberikan masukan kepada Kantor Dinas Pendidikan, agar mampu mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat dan komunikasi yang efektif sehingga mampu mewujudkan efektivitas kerja yang positif.
b. Bagi Penulis
Sebagai alat untuk mentransformasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah serta untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya mengenai gaya kepemimpinan dan komunikasi intern yang ada pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
1.5 Sistematika penulisan Skripsi
Untuk memberika gambaran di dalm pemahaman skripsi ini, peneliti mengemukakan sistematika skripsi sebagai berikut :
1. Bagian Pendahuluan
Bagian pendahuluan terdiri dari halaman judul, persetujuan, pengesahan, motto dan persembahan, prakata, sari, daftar isi, daftar tabel, dan lampiran.
2. Bagian Isi Skripsi
Bab I : Pendahuluan
Pendahuluan terdiri dari latar belakang masalah, identifikasi dan perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sitematika penulisan skripsi.
9
Bab II : Landasan Teori
Terdiri dari landasan teori/tinjauan pustaka, kerangka berpikir penelitian, dan hipotesis penelitian.
Bab III : Metode Penelitian
Terdiri dari populasi penelitian, sampel penelitian, variabel penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
Bab IV : Hasil Penelitian Dan Pembahasan
Bab ini memgemukakan tentang hasil penelitian dan pembahasan hasil penelitian.
Bab V : Penutup
Berisi tentang simpulan dan saran
3. Bagian Akhir
Berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran
10
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Tinjauan Gaya Kepemimpinan
2.1.1 Penelitian Sebelumnya mengenai gaya kepemimpinan
Penelitian Eddy Madiono dan Budhi Setiawan (2000) tentang peranan gaya kepemimpinan dalam upaya meningkatkan semangat dan kegairahan kerja karyawan di Toserba Sinas Mas Sidoarjo yang dipublikasikan dalam Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Kristen Petra mengungkapkan bahwa gaya kepemimpinan yang efektif adalah gaya kepemimpinan situasional artinya gaya kepemimpinan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Penerapan gaya kepemimpinan situasional dapat meningkatkan semangat dan kegairahan kerja karyawan di Toserba Sinar Mas Sidoarjo.
2.1.2 Pengertian Kepemimpinan
Menurut Achmad Suyuti yang dimaksud dengan kepemimpinan adalah proses mengarahkan, membimbing dan mempengaruhi pikiran, perasaan, tindakan dan tingkah laku orang lain untuk digerakkan ke arah tujuan tertentu (Suyuti, 2001:7). Pendapat lain menyebutkan bahwa kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi dan mengarahkan tingkah laku bawahan atau orang lain untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok (Kartono, 1982:39). Sedangkan menurut Asmara, kepemimpinan adalah tingkah laku untuk mempengaruhi orang lain agar
11
mereka memberikan kerjasamanya dalam mencapai tujuan yang menurut pertimbangan mereka adalah perlu dan bermanfaat (Asmara, 1985:17).
2.1.3 Pengertian Gaya Kepemimpinan
Menurut Heidjrachman dan S. Husnan gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku yang dirancang untuk mengintegrasikan tujuan organisasi dengan tujuan individu untuk mencapai tujuan tertentu. (Heidjrachman dan Husnan, 2002:224). Sedangkan menurut Fandi Tjiptono gaya kepemimpinan adalah suatu cara yang digunakan pemimpin dalam berinteraksi dengan bawahannya (Tjiptono, 2001:161). Sementara itu, pendapat lain menyebutkan bahwa gaya kepemimpinan adalah pola tingkah laku (kata-kata dan tindakantindakan) dari seorang pemimpin yang dirasakan oleh orang lain (Hersey, 2004:29).
Dalam penelitian ini, gaya kepemimpinan yang dimaksud adalah gaya kepemimpinan situasional artinya gaya kepemimpinan yang didasarkan pada situasi dan kondisi. Karena pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu mengadaptasikan gayanya agar sesuai dengan situasi tertentu Heidjrachman dan Husnan (2002). Pada saat menjelaskan tugas-tugas kelompok maka ia harus bergaya direktif, pada saat menunjukkan hal-hal yang dapat menarik minat anggotanya maka ia harus bergaya konsultatif, untuk merumuskan tujuan kelompok ia bergaya partisipatif sedangkan pada saat bawahan telah mampu dan berpengalaman dalam menghadapi suatu tugas maka ia bergaya delegatif (Sugiyono, 2003:132).
12
2.1.4 Menentukan Gaya Kepemimpinan
Menurut Heidjrachman dan Husnan (2002:173) seorang pemimpin harus memiliki sifat perceptive artinya mampu mengamati dan menemukan kenyataan dari suatu lingkungan. Untuk itu ia harus mampu melihat, mengamati, dan memahami keadaan atau situasi tempat kerjanya, dalam artian bagaimana para bawahannya, bagaimana keadaan organisasinya, bagaimana situasi penugasannya, dan juga tentang kemampuan dirinya sendiri. la harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Untuk memilih gaya kepemimpinan yang akan digunakan, perlu dipertimbangkan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Meskipun banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, Haris dalam Heidjrachman dan Husnan (2002:173) membaginya ke dalam 4 (empat) faktor yaitu :
1) faktor dalam organisasi 3) faktor bawahan
2) faktor pimpinan manajer 4) faktor situasi penugasan
2.1.5 Gaya Dasar Kepemimpinan
Konsep kepemimpinan situasional dikembangkan oleh Hersey dan Blanchard pada tahun 1969. Selanjutnya dari hasil pemikiran Ken Blanchard, Ramdhan (2004) merumuskan ada 4 perilaku dasar kepemimpinan situasional, yaitu :
a. Perilaku direktif
Perilaku direktif adalah perilaku yang diterapkan apabila pimpinan dihadapkan pada tugas yang rumit dan bawahan belum
13
memiliki pengalaman dan motivasi untuk mengerjakan tugas tersebut, atau pimpinan berada di bawah tekanan waktu penyelesaian. Pimpinan menjelaskan apa yang perlu dan harus dikerjakan.
b. Perilaku konsultatif
Perilaku konsultatif adalah perilaku yang diterapkan ketika bawahan telah termotivasi dan berpengalaman dalam menghadapi suatu tugas. Di sini pimpinan hanya perlu memberi penjelasan yang lebih terperinci dan membantu mereka untuk mengerti dengan meluangkan waktu membangun hubungan yang baik dengan mereka.
c. Perilaku partisipatif
Perilaku partisipatif diterapkan apabila pegawai telah mengenal teknik-teknik yang dituntut dan telah mengembangkan hubungan yang dekat dengan pimpinan. Pimpinan meluangkan waktu untuk berbincang-bincang dengan mereka, untuk lebih melibatkan mereka dengan keputusan-keputusan kerja, dan untuk mendengarkan saran-saran mereka mengenai peningkatan kinerja.
d. Perilaku delegatif
Perilaku delegatif diterapkan apabila bawahan telah sepenuhnya paham dan efisien dalam kinerja tugas, sehingga pimpinan dapat melepaskan mereka untuk menjalankan tugasnya sendiri.
Berdasarkan empat perilaku dasar dalam gaya kepemimpinan situasional di atas, maka kepemimpinan yang berhasil menurut
14
Heidjrachman dan Husnan (2002:174) adalah pemimpin yang mampu menerapkan gayanya agar sesuai dengan situasi tertentu. Selanjutnya pimpinan perlu mempertimbangkan setiap situasi khusus dalam rangka memahami gaya mana yang lebih tepat untuk diterapkan. Kepemimpinan situasional berlandaskan pada hubungan saling mempengaruhi antara :
(1) Sejumlah tingkah laku dalam tugas diperlihatkan oleh seorang pemimpin
(2) Sejumlah tingkah laku dalam berhubungan sosial diperlihatkan oleh seorang pemimpin.
(3) Tingkat kesiapan ditunjukkan oleh para bawahan dalam pelaksanaan tugas dan kegiatan tertentu (Hersey, 1994:52-53). Kemampuan dan keinginan menentukan kesiapan seorang individu maupun kelompok, karena itu gaya kepemimpinan harus menyesuaikan diri dengan tingkat kesiapan para bawahan.
2.2 Tinjauan Komunikasi Intern
2.2.1 Pengertian Komunikasi Intern
Komunikasi intern adalah proses penyampaian pesan-pesan yang berlangsung antar anggota organisasi, dapat berlangsung antara pimpinan dengan bawahan, pimpinan dengan pimpinan maupun bawahan dengan bawahan. Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa komunikasi intern atau internal adalah komunikasi yang yang dikirimkan kepada anggota dalam suatu organisasi. Dengan kata lain penerima pesan dalam
15
komunikasi intern adalah orang orang dalam organisasi. (Muhammad, 2001:97). Dalam hal ini, komunikasi yang dimaksud oleh penulis adalah komunikasi antar pegawai baik secara vertikal maupun horisontal yang ada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
2.2.2 Komponen-komponen dalam proses komunikasi intern
a. Pengirim (communicant)
Pengirim adalah individu atau orang yang mengirim pesan baik berupa ide, gagasan, fakta-fakta dan sejenisnya yang ingin disampaikan kepada penerima (Muhammad. 2001:17). Pengirim yang dimaksud disini adalah orang yang memberikan informasi yang ingin disampaikan kepada penerima pesan yang ada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
b. Pesan (Message)
Pesan adalah informasi yang akan dikirimkan kepada si penerima, pesan ini bisa berupa verbal maupun non verbal. Pesan secara verbal bisa berupa tertulis seperti : surat, memo, peraturan-peraturan, prosedur kerja, perintah, dan laporan sedangkan secara lisan dapat berupa percakapan tatap muka dan percakapan melalui telpon. Adapun pesan secara non verbal dapat berupa isyarat, gerakan badan, ekspresi wajah dan nada suara (Muhammad, 2001:17-18).
16
c. Saluran (Channel)
Saluran adalah jalan yang dilalui pesan dari si pengirim kepada si penerima (Muhammad, 2001:18). Saluran yang dimaksud disini adalah saluran komunikasi intern yang ada di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
d. Penerima Pesan (Communicant)
Penerima pesan adalah orang yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterima. Benar tidaknya interpretasi yang diberikan oleh penerima dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: a) Tingkat kejelasan pesan yang disampaikan, b) Jenis saluran yang digunakan, c) Tingkat pengetahuan penerima yang terkait dengan pesan yang disampaikan.
e. Umpan Balik (Feed Back)
Umpan balik atau feed back yang datang dari penerima diperlukan untuk mengetahui bagaimana akibat yang ditimbulkan oleh pesan yang disampaikan kepadanya. Umpan balik adalah respon terhadap pesan yang dikirimkan kepada si pengirim pesan (Muhammad, 2001:18).
2.2.3 Jenis Komunikasi Intern
Jenis komunikasi intern yang ada dalam organisasi terdiri dari :
a. Komunikasi personal (personal communication)
Komunikasi personal yaitu komunikasi antara dua orang dan dapat berlangsung dengan dua cara yaitu : pertama, komunikasi tatap
17
muka (face to face communication) yaitu komunikasi yang berlangsung secara dialogis saling menatap sehingga terjadi kotak pribadi atau personal contact. Kedua, komunikasi personal bermedia yaitu komunikasi dengan meggunakan alat inisalnya telepon atau memorandum.
Para ahli mengatakan bahwa komunikasi antar personal akan lebih efektif karena diangap mampu mengubah sikap, pendapat dan perilaku seseorang. Efektifnya komunikasi persuasif dalam situasi komunikasi antar personal terjadi karena adanya "personal contact" yang memungkinkan komunikator mengetahui, memahami dan menguasai : 1) Frame of reference komunikan selengkapnya, 2) Kondisi fisik dan mental sepenuhnya, 3) Suasana lingkungan pada saat terjadinya komunikasi, 4) Tanggapan komunikan secara langsung.
b. Komunikasi kelompok (Group Communication)
Komunikasi kelompok yaitu komunikasi antara seseorang dengan kelompok orang dalam situasi tatap muka. Jenis komunikasi kelompok ini terdiri dari : Komunikasi kelompok kecil (Small Group Communication) dan komunikasi kelompok besar (Large Group Communication)
Komunikasi kelompok kecil yaitu komunikasi antar seorang manajer atau adininistrator dengan kelompok pegawai yang memungkinkan terdapatnya kesempatan bagi salah seorang untuk
18
memberikan tanggapan secara verbal. Menurut Robert F. Bales dalam bukunya "Interaction Proces Analysis" yang dikutip oleh Ucjana mendefinisikan kelompok kecil adalah sejumlah orang yang terlibat dalam interaksi satu sama lain dalam suatu pertemuan yang bersifat tatap muka (Face to Face Meeting) dimana setiap peserta mendapat kesan atau penglihatan antar satu sama lainnya yang cukup kentara, sehingga dia baik pada saat timbulnya pertanyaan maupun sesudahnya dapat memberikan tanggapan kepada masing-masing sebagai perseorangan. Adapun keuntungan berkomunikasi dengan kelompok kecil yaitu : 10 Terdapat kontak pribadi, 2) Umpan balik bersifat langsung, 3) Suasana lingkungan komunikasi dapat diketahui.
Komunikasi kelompok besar (Large Group Communication) yaitu kelompok komunikan yang jumlahnya banyak. Dalam situasi komunikasi ini hampir tidak terdapat kesempatan untuk memberikan tanggapan secara verbal (Uchjana, 2001:125-127).
2.2.4 Dimensi-Dimensi Komunikasi Intern
a. Komunikasi ke bawah (downward communication)
Komunikasi ke bawah yaitu komunikasi yang dimulai dari manajer puncak kemudian mengalir ke bawah melalui tingkatan-tingkatan manajemen sampai ke pegawai lini dan personalia paling bawah (Handoko, I995:280). Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa komunikasi ke bawah adalah komunikasi yang mengalir dari
19
pucuk pimpinan ke berbagai jenjang yang ada di bawahnya, berisi pesan yang berkaitan dengan pelaksanaan fungsi pimpinan (Muhyadi. 1989:156-162). Dengan demikian komunikasi ke bawah adalah komunikasi yang datang dari atasan ke bawahan. Adapun tipe komunikasi ke bawah vaitu :
1. Instruksi tugas
Instruksi tugas yaitu pesan yang disampaikan kepada bawahan mengenai apa yang seharusnva dilakukan oleh mereka dan bagaimana melakukannya.
2. Rasional
Rasional pekerjaan adalah pesan yang menjelaskan mengenai tujuan aktivitas dan bagaimana kaitan aktivitas dan bagaimana kaitan aktivitas itu dengan aktivitas lain dalam organisai atau obyek organisasi.
3. Ideologi
Pesan ideologi mencari sokongan dan antusias dari anggota organisasi guna memperkuat loyalitas, moral dan motivasi.
4. Informasi
Pesan informasi dimaksudkan untuk memperkenalkan bawahan dengan praktek-praktek organisasi, peraturan-peraturan organisasi, keuntungan, kebiasaan, dan data lain yang tidak berhubungan dengan intruksi dan rasional.
20
5. Balikan
Balikan adalah pesan yang berisi informasi mengenai ketepatan individu dalam melakukan pekerjaannya (Muhammad, 2001: 108-109).
Sedangkan fungsi komunikasi ke bawah meliputi: pengarahan, perintah-perintah, indoktrinasi, memberikan inspirasi dan evaluasi. Disamping itu, komunikasi meliputi tentang tujuan-tujuan organisasi, kebijaksanaan, peraturan-peraturan, pembatasan-pembatasan, insentif (Wexley dan Yuki, 2003).
Ada lima faktor yang mempengaruhi komunikasi ke bawah ; Pertama, Keterbukaan. Kurangnya sifat terbuka diantara pimpinan dan pegawai akan menyebabkan pemblokan atau tidak mau menyampaikan pesan dan gangguan dalam pesan. Kedua, Kepercayaan pada pesan tulisan. Kebanyakan para pimpinan lebih percaya pada pesan tulisan dan metode difusi yang mengunakan alat elektronik daripada pesan yang disampaikan secara lisan dengan tatap muka. Ketiga, Pesan yang berlebihan. Banyaknya pesan yang dikirimkan secara tertulis melalui memo-memo, buletin, surat-surat pengumuman, majalah dan pemyataan kebijaksanaan, membuat pegawai cenderung tidak membacanya. Keempat, ketepatan waktu pengiriman pesan. Ketepatan waktu pengiriman pesan mempengaruhi komunikasi ke bawah. Pimpinan hendaknya mempertimbangkan saat yang tepat bagi pengiriman pesan dan dampak yang potensial kepada tingkahlaku
21
pegawai. Kelima, penyaringan, pesan yang dikirim kepada bawahan tidaklah semuanya diterima mereka, tetapi mereka saring mana yang mereka perlukan.
Davis dalam Aini Muhammad (2001), mengungkapkan bahwa untuk mengatasi gangguan yang muncul dalam penyampaian pesan dari atasan ke bawahan maka pimpinan perlu memperhatikan cara-cara penyampaian pesan yang efektif yaitu:
1. Pimpinan hendaknya sanggup memberikan informasi kepada pegawai apabila dibutuhkan mereka.
2. Pimpinan hendaklah membagi informasi yang dibutuhkan oleh pegawai. Pimpinan hendaknya membantu pegawai merasakan bahwa diberi informasi.
3. Pimpinan hendaklah mengembangkan suatu perencanaan komunikasi, sehingga pegawai dapat mengetahui informasi yang berkenaan dengan tindakan-tindakan pengelolaan dalam organisasi.
4. Pimpinan hendaklah berusaha membentuk kepercayaan diantara pengirim dan penerima pesan (Muhammad, 2001:112).
Beberapa bentuk metode yang biasa digunakan dalam komunikasi ke bawah. Pertama, metode lisan berupa; rapat, interview, telepon, sistem interkom, kontak interpersonal, laporan lisan dan ceramah. Kedua, metode tulisan; surat, memo, telegram, laporan tertulis, pedoman kebijaksanaan dan panduan pelaksanaan kerja.
22
Ketiga, metode gambar berupa, grafik, poster, peta, film, foto dan lain-lain.
b. Komunikasi ke atas (upward communication)
Komunikasi ke atas yaitu komunikasi yang digunakan untuk mensuplai informasi kepada tingkatan manajemen atas, tentang apa yang terjadi pada tingkatan bawah. Tujuan dari komunikasi ini adalah untuk memberikan saran, memberikan balikan, dan mengajukan pertanyaan, sehingga komunikasi ini mempunyai efek pada penyempurnaan moral dan sikap pegawai, tipe pesan adalah integrasi dan pembaharuan.
Komunikasi ke atas mempunyai beberapa fungsi atau nilai tertentu, diantaranya:
1. Dengan adanya komunikasi ke atas supervisor dapat mengetahui kapan bawahannya siap untuk diberi informasi dari mereka dan bagaimana baiknya mereka menerima apa yang disampaikan pegawai.
2. Arus komunikasi ke atas memberikan informasi yang berharga bagi pembuatan keputusan.
3. Komunikasi ke atas memperkuat apresiasi dan loyalitas pegawai terhadap organisasi dengan jalan memberikan kesempatan untuk menanyakan pertanyaan, mengajukan ide-ide dan saran-saran tentang jalannya organisasi.
23
4. Komunikasi ke atas membolehkan, bahkan mendorong desas desus muncul dan membiarkan supervisor mengetahuinya.
5. Komunikasi ke atas menjadikan supervisor dapat menentukan apakah bawahan menangkap arti seperti yang dia maksudkan dari arus informasi yang ke bawah.
6. Komunikasi ke atas membantu pegawai mengatasi masalah-masalah pekerjaan mereka dan memperkuat keterlibatan mereka dalam tugas-tugasnya dan organisasi (Muhammad, 2001:117)
Dalam komunikasi ke atas seorang supervisor dan pimpinan membutuhkan adanya informasi dari bawahannya mengenai hal-hal sebagai berikut : 1) Apa yang dilakukan bawahan, pekerjaanya, hasil yang dicapainya 2) Menjelaskan masalah-masalah pekerjaan yang mungkin memerlukan bantuan tertentu 3) Menawarkan saran-saran atau ide-ide bagi perbaikan masing-masing unit atau organisasi secara keseleruhan 4) Menyatakan bagaimana pikiran dan perasaan mereka mengenai pekerjaannya, teman sekerjanya dan organisasi (Muhammad, 2001:118). Hal-hal itulah yang diharapkan pimpinan untuk disampaikan oleh pegawai kepada atasannya melalui komunikasi ke atas.
Menurut Muhammad (2001:119), faktor-faktor yang mempengaruhi efektif tidaknya komunikasi ke atas adalah sebagai berikut:
24
a. Komunikasi ke atas lebih mungkin digunakan oleh pembuat keputusan pengelolaan, apabila pesan itu disampaikan tepat waktunya.
b. Komunikasi ke atas yang bersifat positif, lebih mungkin digunakan oleh pembuat keputusan mengenai pengelolaan daripada komunikasi yang bersifat negatif.
c. Komunikasi ke atas lebih mungkin diterima, Jika pesan itu mendukung kebijaksanaan yang baru.
d. Komunikasi ke atas yang mungkin akan lebih efektif, jika komunikasi itu langsung kepada penerima yang dapat berbuat mengenai hal itu.
e. Komunikasi ke atas akan lebih efektif, apabila komunikasi itu mempunyai daya tarik secara intuitif bagi penerima.
Komunikasi ke atas mempunyai peranan yang penting dalam pembuatan keputusan, agar komunikasi ini berjalan lancar dan memberikan informasi seperti yang diharapkan maka perlu diprogram secara khusus. Untuk menyusun program ini ada prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan oleh pimpinan. Prinsip-prinsip tersebut menurut Planty dan Machaver dalam Muhammad (2001) yaitu:
(1) Program komunikasi ke atas yang efektif harus direncanakan.
(2) Program komunikasi ke atas berlangsung terus menerus.
(3) Program komunikasi ke atas yang efektif mengunakan saluran yang rutin.
25
(4) Program komunikasi ke atas yang efektif menekankan kesensitifan dan penerimaan ide-ide yang menyenangkan dari level yang rendah.
(5) Program komunikasi ke atas yang efektif memerlukan pendengar yang obyektif.
(6) Program komunikasi ke atas yang efektif memerlukan pengambilan tindakan penyelesaian terhadap masalah.
(7) Program komunikasi ke atas yang efektif menggunakan bermacam-macam media dan metode untuk memajukan arus informasi.
c. Komunikasi Horisontal
Komunikasi horisontal terjadi antara orang-orang yang berada dalam jenjang yang sama dalam hirarki kekuasaan (komunikasi horisontal) atau antara orang-orang pada jenjang berbeda yang tidak memiliki kekuasaan langsung atas satu dengan lainnya (Wexley dan Yuki, 2003).
Pesan melalui komunikasi horisontal biasanya berhubungan dengan tugas-tugas atau tujuan kemanusiaan, seperti koordinasi. pemecahan masalah, penyelesaian konflik dan saling memberikan informasi (Muhammad, 2001:121).
Komunikasi horisontal mempunyai tujuan sebagai berikut: mengkoordinasikan tugas-tugas, saling memberi informasi untuk perencanaan dan aktivitas-aktivitas, memecahkan masalah yang timbul
26
diantara orang-orang yang berbeda dalam satu tingkatan, menjamin pemahaman yang sama, mengembangkan sokongan interpersonal.
Metode yang dapat digunakan dalam komunikasi horisontal yaitu:
1) Rapat-rapat komite. Rapat komite ini biasanya digunakan untuk melakukan koordinasi pekerjaan, saling berbagi informasi, memecahkan masalah dan menyelesaikan konflik diantara sesama pegawai.
2) Interaksi sosial pada waktu jam istirahat.
3) Percakapan telepon
4) Memo dan nota
5) Aktivitas sosial
6) Kelompok mutu, yaitu suatu kelompok dalam organisasi yang secara beratanggung jawab untuk memperbaiki mutu pekerjaan mereka.
2.2.5 Komunikasi Informal dalam organisasi
Menurut Wexley dan Yuki (2003), disamping komunikasi formal, dalam suatu organisasi akan muncul komunikasi informal. Komunikasi informal, yang kadang-kadang dikenal sebagai komunikasi Getok-Tular (Gravine), terjadi di luar saluran-saluran yang ditentukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara interaksi tatap muka dan kadang-kadang melalui telepon.
27
Fungsi utama komunikasi informal dalam organisasi adalah pemeliharaan hubungan sosial (inisalnya: persahabatan pribadi, kelompok-kelompok informal), distribusi info pribadi, gossip serta desas-desus. Komunikasi informal mungkin juga berkaitan dengan pekerjaan. Komunikasi informal muncul untuk memenuhi kekurangan komunikasi formal yang jarang mendistribusikan informasi yang memadai tentang suatu pekerjaan.
Getok-tular dapat memberikan akibat baik positif maupun negatif terhadap organisasi. Getok-tular dapat menyebarkan desas-desus yang merusak maupun gosip yang menyakitkan. Tetapi juga dapat bertindak sebagai pelengkap penting terhadap sistem komunikasi formal. Lebih dari itu, getok tular sangat penting terhadap sistem komunikasi formal. Lebih dari itu, getok-tular sangat penting untuk menmgembangkan dan memelihara hubungan sosial. Dengan demikian para manajer dan administrator seharusnya mengenal keberadaan komunikasi getok-tular dalam organisasinya serta berusaha menggunakan untuk tujuan-tujuan konstruktif.
2.2.6 Masalah-MasaIah Komunikasi dan Pemecahannya
Ketidakefisienan komunikasi disebabkan oleh banyak jenis permasalahan teknis dan manusiawi yang berbeda-beda. Menurut Wexley dan Yuki (2003), masalah-masalah dalam komunikasi meliputi:
28
(1) Pemahaman yang tidak lengkap
Secanggih apapun teknologi penyampaian pesan yang digunakan manusia sampai saat ini tetap saja tidak akan dapat menjamin bahwa orang yang menerima informasi tersebut akan memahaminya. Kegagalan komunikasi karena kekurangpahaman dapat diperkecil jika isi pesan serta media penyampaiannya sesuai dengan para penerima pesan, situasinya serta tujuan-tujuan komunikator. Pemahaman dapat dipermudah dengan bahasa yang langsung dan sederhana, pengulangan yang wajar serta menciptakan umpan balik.
(2) Kelebihan beban
Ketidakefisienan komunikasi dalam suatu jaringan kerja mungkin disebabkan oleh pembagian terlalu banyak informasi atau terlalu sedikit informasi. Seseorang memiliki kapasitas tertentu untuk menangkap pesan-pesan yang datang, jika melebihi kapasitasnya, orang tersebut menjadi kelebihan beban. Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan adalah:penyaringan dan penundaan, sedangkan tindakan-tindakan yang lebih drastis adalah meliputi latihan khusus atau penurunan informasi melalui perubahan struktural.
(3) Tidak memadainya komunikasi ke atas
Tidak memadainya komunikasi ke atas merupakan masalah serius dan meluas dalam hierarki kekuasaan. Dua pendekatan yang berbeda untuk mengembangkan komunikasi ke atas meliputi penggunaan
29
sumber informasi yang independen serta pengembangan suatu situasi yang saling mempercayai dan pemecahan masalah bersama.
(4) Tidak memadainya komunikasi ke bawah
Tidak memadainya komunikasi ke bawah terjadi jika para manajer tidak peka terhadap kebutuhan informasi para bawahan atau berusaha memegang kendali dengan cara menyimpan informasi secara ketat. Penggunaan media yang sesuai dapat membantu menurunkan penyaringan ke bawah dan penyimpangan pesan.
2.3 Tinjauan Efektivitas Kerja
2.3.1 Pengertiaan Efektivitas Kerja
Menurut Etzioni dalam Muhyadi (1989:227) efektivitas adalah kemampuan organisasi dalam mencari sumber dan memanfaatkannya secara efisien dalam mencapai tujuan tertentu. Efektivitas menunjukkan taraf tercapainya suatu tujuan (Ensikopledi Umum, 1991:296). Sedangkan kerja merupakan sejumlah aktivitas fisik dan mental untuk mengerjakan suatu pekerjaan (Hasibuan, 1996:94).
Dari beberapa definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa efektifitas kerja mengisyaratkan sejauh mana tingkat pencapaian tujuan suatu organisasi atau instansi berdasarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan.
Sedangkan menurut Sutarto (1987:95), mengatakan bahwa efektivitas kerja adalah suatu keadaan dimana aktivitas-aktivitas jasmaniah dan rohaniah yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai hasil sesuai dengan yang dikehendaki. Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan
30
efektivitas kerja adalah derajat pencapaian tujuan organisasi dari sejumlah aktivitas jasmaniah dan rohaniah yang dilakukan oleh pegawai.
2.3.2 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Kerja
Menurut Steers (1985:209-211), Ada empat faktor yang mempengaruhi efektivitas kerja, yaitu :
a. Karakteristik Organisasi
Karakteristik organisasi terdiri dari struktur dan teknologi yang dapat digunakan didalamnya. Efektivitas sebuah organisasi dipengaruhi oleh tingkat kompleksitas dan formalitas struktur serta sistem kewenangan dalam pengambilan keputusan. Teknologi yang digunakan berkaitan erat dengan stuktur sehingga mempengaruhi efektivitas sebuah organisasi.
b. Karakteristik Lingkungan
Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan, dipengaruhi oleh kemampuan dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Dimensi-dimensi lingkungan yang mempengaruhi efektivitas sebuah organisasi meliputi : 1) Tingkat keterpaduan keadaan lingkungan, 2) Ketepatan persepsi atas keadaan lingkungan, 3) Tingkat rasionalitas organisasi. Ketiga faktor ini mempengaruhi ketepatan tanggapan organisasi terhadap perubahan lingkungan.
c. Karakteristik Pekerja
Faktor manusia merupakan faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap efektivitas sebuah organisasi. Tingkah laku
31
manusia merupakan dukungan yang sangat berarti, tetapi dapat pula merupakan hambatan yang dapat menggagalkan efektivitas.
d. Karakteristik Kebijaksanaan dan Praktek Manajemen
Kebijaksanaan dan praktek manajemen dapat mempengaruhi pencapaian tujuan. Dalam hal ini mencakup kebijaksanaan dan praktek pimpinan dalam tanggung jawabnya terhadap para pekerja dan organisasinya (Steers, 1985 :(209-211).
2.3.3 Alat Ukur Efektivitas Kerja
Cara pengukuran efektivitas menurut Steers menggunakan tiga unsur yakni : a) Produktivitas, merupakan efisiensi dalam arti ekonomi, b) Tekanan atau stress, yang dibuktikan dengan tingkat ketegangan dan konflik yang terjadi, c) Fleksibilitas atau kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan ekstern dan intern. Variabel-variabel yang ada diantaranya :
1. Kemampuan menyesuaikan diri
Kemampuan kerja manusia terbatas secara fisik, waktu, tempat dan pendidikan serta faktor lain yang membatasi kegiatan manusia. Adanya keterbatasan ini, menyebabkan manusia tidak dapat mencapai semua pemenuhan kebutuhannya tanpa melalui kerjasama dengan orang lain. Kemampuan menyesuaikan diri sangat penting, karena hal ini merupakan tujuan organisasi. Hal ini diperkuat dengan pendapat
32
yang menyatakan bahwa kunci keberhasilan organisasi atau gagal kerjasama bagi pencapaian tujuan (steers, 1985:134-135).
2. Kepuasan kerja
Efektivitas kerja adalah tingkat kesenangan yang dirasakan seseorang atas peran atau pekerjaannya dalam organisasi. Tingkat rasa puas individu bahwa mereka mendapat penghargaan yang setimpal dari macam-macam aspek situasi pekerjaan dan organisasi tempat mereka berada (Steers, 1985:48).
3. Prestasi Kerja
Prestasi kerja adalah suatu penyelesaian tugas pekerjaan yang sudah dibebankan sesuai dengan target yang sudah ditentukan, bahkan ada yang melebihi target yang sudah ditentukan sebelumnya (Steers, 1985:140). Prestasi kerja yang telah dicapai akan mempengaruhi orang lain untuk dapat melakukan hal yang sama dengan demikian maka hasil kerja di dalam organisasi menjadi lebih baik.
Sedangkan menurut Gibson (1994:32-34)) disebutkan hahwa indikator untuk mengukur efektivitas organisasi adalah :
a) Produksi (Produksi)
Produksi menggambarkan kemampuan organisasi untuk memproduksi jumlah dan mutu output yang sesuai dengan permintaan lingkungan. Dalam kaitannya dengan pengukuran efektifitas sebuah instansi pemerintah, tentunya parameter yang digunakan adalah seberapa optimal pelaksanaan tugas atau
33
pelayanan kepada masyarakat serta seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani.
b) Efisiensi (Efficiency)
Konsep ini didefinisikan sebagai angka perbandingan (rasio) antara output dan input, Kriteria ini memusatkan perhatian pada seturuh siklus input-proses-output, namun demikian kriteria ini menekankan unsur input dan proses. Ukuran efisiensi meliputi penggunaan waktu dengan sebaik-baiknya, periode waktu mesin tidak aktif dan lain sebagainya. Jelaslah bahwa ukuran efisiensi harus dinyatakan dalam perbandingan; perbandingan antara biaya yang telah dikeluarkan dengan output atau dengan waktu merupakan bentuk umum dari ukuran ini.
c) Kepuasan (Satisfaction)
Penyusunan konsep organisasi sebagai suatu sistem sosial mengharuskan kita memperhatikan keuntungan yang diterima oleh para pengurusnya maupun pelanggannya. Kepuasan dan semangat kerja adalah istilah yang serupa, yang menunjukkan sampai seberapa jauh organisasi memenuhi kebutuhan para pegawai atau pengurusnya. Ukuran kepuasan meliputi sikap pegawai, pergantian pegawai (turnover), kemangkiran (absenteeism), keterlambatan, dan keluhan.
34
d) Adaptasi (Adaptiveness)
Kemampuan adaptasi adalah sampai seberapa jauh organisasi dapat menanggapi perubahan intern dan ekstern. Kriteria ini berhubungan dengan kemampuan manajemen untuk menduga adanya perubahan dalam lingkungan maupun dalam organisasi itu sendiri. Jika organisasi tidak dapat menyesuaikan diri, maka kelangsungan hidupnya akan terancam.
Dari berbagai pendapat di atas, indikator yang digunakan oleh penulis untuk mengukur tingkat efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang adalah : produksi, kepuasan kerja, efisiensi dan prestasi kerja. Hal tersebut karena kemampuan adaptasi merupakan gambaran sampai seberapa jauh suatu organisasi dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi baik intern maupun ekstern. Sementara Gibson (1994 : 33) mengemukakan bahwa tidak ada ukuran khusus dan nyata mengenai kemampuan menyesuaikan diri.
2.4 Kerangka Pikir
Di tengah kondisi kehidupan sosial sekarang ini yang sering mengalaini perubahan dan ketidakpastian, akibat era globalisasi informasi, maka kebutuhan manusia terhadap kepemimpinan semakin luas meliputi segala bidang kehidupan. Begitu juga dalam sebuah instansi, peran kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja. Bahkan sekarang ini bisa dikatakan bahwa kemajuan yang dicapai dan kemunduran yang dialami oleh suatu instansi,
35
sangat ditentukan oleh peranan pemimpinnya yang dapat dilihat dari gaya kepemimpinannya.
Hal ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai efektivitas kerja. Jika seorang pemimpin mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, maka para pegawai pun akan dapat bekerja dengan nyaman dan semangat yang tinggi sehingga tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.
Selain gaya kepemimpinan, komunikasi intern juga merupakan faktor yang secara tidak langsung bepengaruh terhadap efektivitas kerja. Komunikasi yang efektif Selain gaya kepemimpinan, komunikasi intern juga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas kerja. Komunikasi yang efektif akan tercapai jika informasi, ide, pesan-pesan maupun gagasan disampaikan dengan jelas, dipersepsi, dimengerti dan dilaksanakan sama dengan maksud si pengirim pesan.
Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi dua arah secara timbal balik mempunyai peranan yan sangat penting, sehingga efektivitas komunikasi suatu organisasi akan memberikan akibat positif yang besar. Jika komunikasi inten berjalan secara efektif dalam suatu organisasi, maka efektivitas kerja akan dapat terwujud.
Dengan adanya gaya kepemimpinan dan komunikasi intern yang baik, diharapkan efektivitas kerja dapat terwujud dengan baik. Karena efektivitas menunjukkan seberapa jauh rencana dapat dilaksanakan dan seberapa jauh
36
tujuan dapat tercapai. Secara skematis dapat jelaskan dalam bagan sebagai berikut :
Gaya kepemimpinan : 1. Direktif 2. konsultatif 3. partisipatif 4. Delegatif Komunikasi intern : 1. Komunikasi ke bawah 2. Komunikasi ke atas 3. Komunikasi horisontal Efektivitas kerja : 1. Produksi 2. Efisiensi 3. Kepuasan kerja 4. Prestasi kerja
2.5 Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Ada pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang“.
37
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1 Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2001:90)
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang tidak termasuk pegawai yang menempati posisi sebagai seorang Kepala dinas dan 5 orang Kepala Bagian, sehingga julah populasi dalam penelitian ini adalah 90 orang pegawai. Karena jumlah populasi kurang dari 100, maka penelitian ini akan dilakukan terhadap semua jumlah populasi. Sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi.
3.2 Variabel penelitian
Variabel penelitian adalah obyek penelitian atau apa yang menjadi titik berat perhatian suatu penelitian (Arikunto, 198:99). Variabel adalah gejala yang menjadi obyek penelitian atau apa yang menjadi pusat perhatian suatu penelitian (Hadi, 1995:91). Dalam penelitian ini yang menjadi variabel penelitian adalah :
1. Variabel bebas (X)
Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi terhadap segala suatu gejala. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah :
38
a. Gaya kepemimpinan (X1) yaitu pola perilaku yang digunakan oleh seorang dalam menjalankan kepemimpinannya.
1) Perilaku direktif yang meliputi : penjelasan tugas atau pekerjaan, pengambilan keputusan oleh atasan dan pengendalian terhadap perilaku bawahan.
2) Perilaku konsultatif yang meliputi : penyampaian ide dari bawahan, keterlibatan anggota dalam pembahasan suatu masalah, penekanan akan pentingnya hubungan antar pribadi
3) Perilaku partisipatif yang meliputi : keterlibatan anggota dalam perumusan tujuan, keterlibatan anggota dalam pengambilan keputusan.
4) Perilaku delegatif yang meliputi : pengambilan keputusan ada pada bawahan, bawahan memiliki kontrol dalam pelaksanaan tugas.
b. Komunikasi Intern (X2) yaitu proses penyampaian pesan-pesan yang berlangsung antar anggota organisasi. Dapat berlangsung antara pimpinan dengan bawahan, pimpinan dengan pimpinan, maupun bawahan dengan bawahan.
1) Komunikasi ke bawah yang meliputi : intruksi, tugas, rasional. ideologi, informasi dan balikan
2) Komunikasi ke atas yang meliputi : penyampaian laporan. pertanyaan. saran, ide. atau gagasan.
39
3) Komunikasi horisontal yang meliputi: koordinasi,pemecahan masalah, penyelesaian konflik, pertukaran informasi.
2. Variabel Terikat (Y)
Variabel terikat (Y) adalah variabel yang dipengaruhi suatu gejala. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel terikat adalah efektivitas kerja. Efektivitas kerja pegawai adalah suatu efek atau akibat yang dikehendaki dan sejumlah rangkaian aktivitas jasmaniah dan rohaniah yang dilakukan olah pegawai untuk mancapai tujuan. Indikator dalam variabel ini berupa:
a) produksi
b) efisiensi
c) kepuasan kerja
d) prestasi kerja
3.3 Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah:
1. Metode Angket (Kuesioner)
Kuesioner adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui (Arikunto, 1998: 139).
Metode ini digunakan untuk pengambilan data gaya kepemimpinan, komunikasi intern. dan efektivitas kerja yang ada pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
2. Metode Dokumentasi
Metode dokumentasi adalah mencari data mengenai hal-hal atau variasi yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda dan sebagainya (Arikunto, 1998:234). Metode ini digunakan untuk melengkapi data yang berhubungan dengan gambaran umum Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
3.4 Validitas Dan Reliabilitas Penelitian ΣΣΣΣΣΣΣ−−−=})(.}{)(.{))((.2222YYNXXNYXXYNrxy
3.4.1 Validitas Instrumen
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat-tingkat kevalidan atau kesahihan suatu suatu instrumen (Arikunto, 1998:160). Validitas digunakan untuk mengukur sah atau valid tidaknya suatu kuesioner. Suatu kuesioner dikatakan valid jika pertanyaan pada kuesioner mampu mengungkapkan sesuatu yang akan diukur oleh kuesioner tersebut. Jadi validitas ingin mengukur apakah pertanyaan dalam kuesioner yang sudah kita buat betul-betul dapat mengukur apa yang kita ukur (Iman Ghozali, 2005: 45).
Uji validitas dapat dilakukan dengan melakukan korelasi antara skor butir pertanyaan dengan total skor konstruk atau variabel. Dengan cara membandingkan niali r hitung dengan nilai r tabel. Melakukan korelasi bivariate antara masing - masing skor indikator. (Iman Ghozali, 2005: 46).
Dalam pengujian validitas instrumen digunakan rumus korelasi product moment yang dikemukan oleh Pearson sebagai berikut:
41
Keterangan :
rxy = koefisien korelasi
N = jumlah subjek/responder
X = skor butir
Y = skor total
ΣXY= jumlah dari instrumen X yang dikalikan dengan jumlah
instrumen Y
Σ2X= jumlah kuadrat kriteria X
Σ2Y= jumlah kuadrat Y
(Arikunto, 1998:162)
Hasil perhitungan rxy dikonsultasikan dengan harga r kritik product moment dengan taraf signifikan 5%. Jika harga rhitung > rtabel maka dikatakan item soal itu valid.
3.4.2 Hasil Pengujian Validitas Intrumen
Pengujian validitas instrumen dalam penelitian ini adalah dengan cara analisis butir dengan asumsi bahwa instrumen itu dikatakan valid jika setiap butir soal instrumen tersebut valid. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Pengukuran validitas instrumen diperoleh dari hasil uji instrumen terhadap 90 responden.
Berdasarkan perhitungan SPSS yang terdapat pada lampiran 4, terlihat bahwa korelasi antara masing-masing item soal menunjukkan hasil
yang signifikan kecuali pada item soal nomor 3, 4, 11, 13 dan 14. Hal ini dapat disimpulkan dari 25 butir soal, ternyata hanya 20 butir soal yang dinyatakan valid.
3.4.3 Reliabilitas Instrumen
Reliabilitas instrumen menunjuk pada suatu pengertian bahwa sesuatu instrumen dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrumen tersebut sudah baik (Arikunto, 1998:170).
Untuk menguji reliabilitas instrumen, dapat digunakan uji reliabilitas internal yang diperoleh dengan cara menganalisis data dan suatu hasil pengetesan dengan rumus sebagai berikut:
⎥⎥⎦⎤⎢⎢⎣⎡−⎥⎦⎤⎢⎣⎡==Σ221111tbkkrσσ
keterangan:
r11 = reliabilitas instrumen
k = banyaknya butir soal
Σ2bσ = Jumlah variañ butir
Σ2tσ= varian total
Untuk mencari varian butir dengan rumus:
()()NNXXΣ−=22σ
Keterangan :
σ= varian tiap butir
43
X = jumlah skor butir
N = jumlah responden
(Arikunto,1998: 19)
Hasil uji reliabilitas angket penelitian selanjutnya dikonsultasikan dengan harga r product moment pada taraf signifikan 5%. Jika harga r11>rtabel maka instrumen dikatakan reliabel. dan sebaliknya jika r11 Ftabel maka menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha), artinya secara bersama-sama berpengaruh berpengaruh terhadap variabel terikat (Algifari, 2000:71).
b. Uji Parsial
Uji parsial atau koefisien regresi dimaksudkan untuk memastikan apakah variabel bebas yang terdapat dalam persamaan tersebut secara individu berpengaruh terhadap nilai variabel yang bebas. Caranya dengan melakukan pengujian terhadap koefisien regresi setiap variabel bebas dengan menggunakan uji t.
46
Selain melakukan pembuktian dengan uji t, perlu juga dicari besarnya koefisien korelasi (r) yang bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antar masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat. Apabila nilai r = 0, berarti tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut. Setelah koefisien korelasi (r) diketahui, selanjutnya perlu dicari koefisien determinasi (r) parsialnya untuk mengetahui besarnya kontribusi atau sumbangan yang diberikan oleh masing masing variabel bebas terhadap variabel terikat (Algifari, 2000:52).
47
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Penelitian
4.1.1 Gambaran Umum Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang
1. Sejarah Singkat
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang terletak di komplek perkantoran Sewakul Ungaran, merupakan salah satu instansi pemerintah yang bertugas sebagai pengelola, pengatur perkembangan pendidikan di lingkup daerah kabupaten Semarang. Dengan jumlah pegawai 95 orang, Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang sangat diharapkan mampu menjadi salah satu penunjang peningkatan kualitas pendidikan khususnya di Kabupaten Semarang.
Pada awalnya, Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang merupakan gabungan dari beberapa kantor terpisah yang terdiri dari Kantor Ditjen Pendidikan Masyarakat, Kantor Ditjen Pendidikan Dasar dan Pendidikan Luar Biasa serta Kantor Ditjen Kebudayaan. Kemudian sejak tahun 1975 semua kator tersebut digabung menjadi satu dengan nama Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan. Selanjutnya berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 03044/u/1999, nama Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan diubah menjadi Departemen Pendidikan Nasional.
48
2. Lokasi kantor
Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang terletak di komplek perkantoran Sewakul Ungaran. Lokasi tersebut merupakan lokasi yang cukup strategis karena berdekatan dengan pusat pemerintahan kabupaten Semarang dan kantor-kantor instansi lain. Sehingga mempermudah pelaksanaan koordinasi dengan instansi-instansi lain serta memperlancar pelaksanaan pekerjaan.
3. Struktur Organisasi
Struktur organisasi sangat diperlukan dalam sebuah organisasi. Biasanya struktur organisasi disesuaikan dengan fungsional atau besar kecilnya volume pekerjaan. Struktur organisasi berguna untuk menentukan tugas dan fungsi masing-masing anggota organisasi. Sehingga pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawabnya akan menjadi lebih jelas.
Adapun stuktur organisasi Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang adalah sebagai berikut :
1. Kepala Dinas
2. Kepala Subbag Tata Usaha
3. Kepala Bidang Pendidikan Dasar
4. Kepala Bidang Pendidikan Menengah
5. Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda Olah Raga dan Kebudayaan
6. Kepala Tenaga Pendidik
(sumber : lampiran 1)
49
4.1.2 Deskripsi Variabel Penelitian
1. Gaya kepemimpinan
Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase variabel gaya kepemimpinan pada lampiran 12, diketahui bahwa skor total jawaban responden adalah 3423 sehingga termasuk kategori sangat baik.
Tabel 1 Distibusi jawaban responden pada variabel gaya
Kepemimpinan
No
Rentang skor
Kategori
Frek
%
1.
2.
3.
4.
1045 ≤ Skor ≤ 1828,75
1828,75 < Skor ≤ 2612,5 2612,5 < Skor ≤ 3396,25 3396,25 < Skor ≤ 4180,00 Kurang baik Cukup baik Baik Sangat baik 1 8 29 52 1,11% 8,89% 32,22% 57,78% Jumlah 90 100,00 Sumber : lampiran 10 Berdasarkan tabel di atas menunjukan bahwa 57,78% responden menyatakan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang sudah termasuk kategori sangat baik, 32,22% menyatakan baik, 8,89 % menyatakan cukup baik dan hanya 1,11 % dari responden yang menyatakan kurang baik. 2. Komunikasi Intern Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase variabel komunikasi intern pada lampiran 12, diketahui skor total jawaban responden adalah 1308 dan termasuk kategori sangat baik. 50 Distribusi jawaban masing-masing responden pada variabel komunikasi intern dapat disajikan pada tabel berikut: Tabel 2 Distribusi Jawaban Responden pada Variabel Komunikasi Intern No Rentang skor Kategori Frek % 1. 2. 3. 4. 360 ≤ Skor ≤ 630 630 < Skor ≤ 900 900 < Skor ≤ 1170 1170 < Skor ≤ 1440 Kurang baik Cukup baik Baik Sangat baik 0 1 23 66 0% 1% 25,56% 73,33% Jumlah 90 100,00 Sumber : lampiran 10 Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa 73,33% responden menyatakan bahwa komunikasi intern yang dilakukan di kantor tempat mereka bekerja termasuk kategori sangat baik, sedangkan 25,56% menyatakan bahwa komunikasi intern termasuk kategori baik, 1% persen yang menyatakan cukup baik, dan tak ada satu pun dari responden yang menyatakan kurang baik. Dilihat dan masing-masing sub variabel komunikasi intern yang terdiri dan sub variabel komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah dan komunikasi ke samping (horisontal) diperoleh hasil sebagai berikut: Tabel 3 Hasil Analisis Deskriptif Persentase Tiap Sub Variabel komunikasi intern No Sub variabel % kategori 1. 2. 3. Komunikasi ke atas Komunikasi ke bawah Komunikasi horisontal 91,11% 92,22% 90% Sangat baik Sangat baik Sangat baik Sumber : lampiran 13 51 Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa ketiga dimensi komunikasi intern yang meliputi komunikasi ke atas, komunikasi ke bawah, dan komunikasi horisontal sudah termasuk kategori sangat baik. 3. Efektivitas kerja Berdasarkan hasil analisis deskriptif persentase variabel efektivitas kerja pada lampiran 12, diketahui skor total jawaban responden adalah 2439 dan termasuk kategori sangat baik. Distribusi jawaban masing-masing responden pada variabel efektivitas kerja dapat disajikan pada tabel berikut: Tabel 4 Distribusi Jawaban Responden pada Variabel efektivitas kerja No Rentang skor Kategori Frek % 1. 2. 3. 4. 720 ≤ Skor ≤ 1260 1260 < Skor ≤ 1800 1800 < Skor ≤ 2340 2340 < Skor ≤ 2880 Kurang baik Cukup baik Baik Sangat baik 0 7 35 48 0% 7,37% 37,78% 54,44% Jumlah 90 100,00 Sumber : lampiran 10 Berdasarkan tabel di atas menunjukkan bahwa sebagian besar responden yaitu 54,44% menyatakan bahwa efektivitas kerja di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang adalah sangat baik. Sementara 37,78% menyatakan baik dan 7,37% menyatakan cukup baik, dan tak seorangpun dari responden yang menyatakan kurang baik. 52 Di lihat dan masing-masing sub variabel efektivitas kerja pegawai yang terdiri dan sub variabel produksi, efisiensi, kepuasan kerja dan prestasi kerja diperoleh hasil sebagai berikut: tabel 5 Hasil Analisis Deskriptif Persentase tiap Sub Variabel Efektivitas Kerja No Sub variabel % kategori 1. 2. 3. 4. Produksi Efisiensi Kepuasan kerja Prestasi kerja 85,69% 84,58% 82,78% 85,69% Baik Sangat baik Sangat baik Sangat baik Sumber : lampiran 13 Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa secara umum efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Kabupaten Semarang sudah termasuk kategori baik. Diantara empat komponen efektivitas kerja, ternyata yang paling menonjol adalah produksi dan prestasi kerja, kemudian diikuti oleh efisiensi dan kepuasan kerja. 4.1.3 Analisis Statistik Analisis statistik adalah analisis regresi ganda berdasarkan perhitungan komputer dengan program statistik SPSS release 12 diperoleh hasil perhitungan yang nampak pada lampiran. Tabel 6. Ringkasan perhitungan analisis regresi antara gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. 53 Keterangan Nilai Kontansta Gaya kepemimpinan Komunikasi intern Fhitung R Square Thitung variabel gaya kepemimpinan Thitung variabel komunikasi intern 8,740 0,405 0,513 17,234 0,284 4,072 2,202 Sumber : lampiran 12 Dari tabel 4.2 diatas, maka diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 8,740 + 0,405 X1 + 0,513 X2 Konstanta = 8,740 Koefisien X1 = 0,405 Koefisien X2 = 0,513 Persamaan regresi tersebut mempunyai makna sebagai berikut: Konstanta sebesar 8,740 berarti bahwa tanpa adanya gaya kepemimpinan dan komunikasi intern, maka efektivitas kerja pegawai akan menjadi 8,740. Jika variabel gaya kepemimpinan kerja pegawai kantor dinas pendidikan nasional kabupaten Semarang naik 1 (satu) poin sementara komunikasi intern dianggap konstan, maka akan menyebabkan kenaikan pengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai kantor dinas pendidikan nasional kabupaten Semarang sebesar 0,405. Jika variabel komunikasi intern pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang naik I (satu) poin sementara variabel gaya kepemimpinan kerja dianggap konstan maka akan menyebabkan kenaikan 54 terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang sebesar 0,513. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh secara keseluruhan maupun secara parsial dari variabel yang diteliti, peneliti rnenggunakan uji F dan uji secara parsial, yaitu sebagai berikut: 1. Uji Simultan Uji simultan dilakukan untuk mengetahui apakah semua variabel independen yaitu gaya kepemimpinan dan komunikasi intern mempunyai pengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Pendidikan Kabupaten Semarang. Pengujian dilakukan dengan Anova yaitu dengan rnembandingkan nilai Fhitung dengan Ftabel. Pada tabel 7 menunjukkan bahwa Fhitung = 17,234, sedangkan Ftabel pada taraf signifikan 5% dan df 2 sebesar 3,10. Dari hasil perhitungan tersebut nampak bahwa, Fhitung > Ftabel yaitu 17,234 > 3,10, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa, Ha (Hipotesis Alternatif) yang menyatakan bahwa, ada pengaruh antara gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang diterima. Dalam analisis regresi ini, dianalis pula besarnya koefisien R Square secara simultan adalah sebesar 0,284, hal ini berarti bahwa persentase kontribusi gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang sebesar 28,4% sedangkan sisanya sebesar 71,6% dipengaruhi oleh variabel lain selain gaya
55
kepemimpinan dan komunikasi intern yang tidak diungkap dalam penelitian ini
2. Uji Parsial
Uji parsial digunakan untuk menguji kemaknaan parsial masing masing variabel independent terhadap variabel dependent, pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5 %. Tabel 7 menunjukkan bahwa, nilai thitung untuk variabel gaya kepemimpinan sebesar 4,072 dan untuk variabel komunikasi intern sebesar 2,202 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% adalah 1,66.
Pada variabel gaya kepemimpinan, karena thitung > ttabel yaitu (4,072>1,66), dengan demikian keputusan yang diambil yaitu menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol sehingga ini berarti bahwa variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
Sedangkan pada variabel komunikasi intern didapatkan bahwa thitung > ttabel yaitu (2,202>1,66), dengan demikian keputusan yang diambil yaitu menerima hipotesis alternatif (Ha) dan menolak hipotesis nol, ini berarti variabel komunikasi intern mempunyai pengaruh yang positif terhadap efektivitas kerja pegawai Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
56
Berdasarkan pengujian secara parsial diatas, maka dapat disimpulkan bahwa, gaya kepemimpinan dan komunikasi intern mempunyai pengaruh yang positif terhadap efektivitas kerja pegawai kantor Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Semarang.
Selanjutnya berdasarkan pengujian koefisien secara parsialnya (r untuk masing-masing variabel bebasnya). Berdasarkan perhitungan dengan SPSS menunjukkan bahwa koefisien determinasi variabel gaya kepemimpinan sebesar 0,400 (r2 = 0,16). Hal ini berarti bahwa sumbangan secara parsial variabel gaya kepemimpinan sebesar 16%. Sedangkan r parsial pada variabel komunikasi intern sebesar 0,230 (r = 0,529). Hal ini berarti bahwa sumbangan secara parsial variabel komunikasi intern adalah sebesar 5,29 %.
4.2 Pembahasan
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata gaya kepemimpinan dan komunikasi intern mempunyaI pengaruh yang positif terhadap efektivitas kerja. Artinya, semakin baik gaya kepemimpinan dan komunikasi intern maka akan semakin baik pula efektivitas kerja pegawai.
Hal penting yang harus dipahami oleh seorang pimpinan dalam menerapkan suatu gaya kepemimpinan dalam suatu organisasi atau instansi adalah bahwa tidak ada satu gaya kepemimpinan terbaik, melainkan seorang pemimpin harus memiliki sifat perceptive artinya mampu mengamati dan menemukan kenyataan dan suatu lingkungan. Untuk itu ia harus mampu melihat, mengamati, dan memahami keadaan atau situasi tempat kerjanya,
57
dalam artian bagaimana para bawahannya, bagaimana keadaan organisasinya, bagaimana situasi penugasannya, dan juga tentang kemampuan dirinya sendiri sehingga pimpinan mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang tepat. (Heidjrachman dan Husnan (2002:173). Dalam penelitian ini, dari empat indikator gaya kepemimpinan situasional yang merupakan kombinasi dari empat perilaku dasar kepemimpinan yang meliputi direktif, konsultatif, partisipatif dan delegatif, semuanya telah diterapkan walaupun dengan porsi yang tidak sama. Hal ini dikarenakan penerapan gaya kepemimpinan situasional harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.
Hal tersebut menggambarkan bahwa kenyataan yang terjadi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yaitu pimpinan menetapkan tujuan dan memberikan perintah-perintah setelah hal-hal itu didiskusikan dahulu dengan para bawahan. Bawahan dapat membuat keputusan keputusan mereka sendiri tentang cara pelaksanaan tugas. Penghargaan lebih digunakan untuk memotivasi bawahan daripada ancaman hukuman. Kemudian tujuan-tujuan ditetapkan dan keputusan kerja dibuat oleh kelompok. Bila pimpinan secara formal yang membuat keputusan, mereka melakukan setelah mempertimbangkan saran dan pendapat dan para anggota kelompok. Untuk memotivasi bawahan, pimpinan tidak hanya menggunakan penghargaan-penghargaan ekonomis tetapi juga mencoba memberikan kepada bawahan perasaan dibutuhkan dan penting.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa komunikasi intern yang terjadi di Kantor Dinas Kabupaten Semarang termasuk kategori sangat baik. Hal tersebut dapat di lihat hasil jawaban 90 responden yang mengemukakan
58
bahwa komunikasi yang terjadi di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang yang meliputi komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas dan komunikasi horisontal sudah berjalan dengan sangat baik. Ketiga sub variabel tersebut masuk kategori sangat baik.
Untuk efektivitas kerja pegawai, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Kabupaten Semarang termasuk kategori baik. Hal ini dapat diketahui dan pengukuran produksi, efisiensi, kepuasan kerja dan prestasi kerja pegawai yang secara umum termasuk kategori baik.
Adanya gaya kepemimpinan dan komunikasi inten yang baik ternyata memberikan pengaruh yang positif terhadap efektivitas kerja pegawai. Karena gaya kepemimpinan dan komunikasi intern yang baik dapat meningkatkan efektivitas kerja pegawai.
59
BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1 Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa :
1. Ada pengaruh yang positif antara gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pegawai di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang.
2. Besarnya pengaruh masing-masing variabel bebas secara parsial yaitu 16% untuk variabel gaya kepemimpinan dan 5,29% untuk variabel komunikasi intern. Sedangkan secara simultan besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja adalah sebesar 28,4%.
5.2 Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka saran yang dapat penulis berikan adalah sebagai berikut :
1. Pihak pimpinan hendaknya meningkatkan perilaku partisipatif dan perilaku delegatif. Artinya, pimpinan lebih melibatkan peran bawahan dalam setiap pengambilan keputusan serta pimpinan juga memberikan kepercayaan kepada bawahan untuk mengarahkan dirinya sendiri dalam memikul tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
60
2. Hendaknya pimpinan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang memperhatikan faktor-faktor lain di luar faktor gaya kepemimpinan dan komunikasi intern. Misalnya faktor motivasi, tata ruang kantor, lingkungan kerja dan lain sebagainya. Karena ada kemungkinan faktor-faktor tersebut mempunyai pengaruh yang besar terhadap efektivitas kerja.
61
DAFTAR PUSTAKA
Algifari. 2000. Analisis Teori Regresi : Teori Kasus dan Solusi. Yogyakarta : BPFE
Ali, Muhammad. 1987. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta
Asmara, Husnal. 1985. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta : Ghalia
Effendy, Onong S. 2001. Ilmu Komunikasi. Bandung : Rosdakarya
Gibson, James Et.Al. 1994. Organisasi Dan Manajemen : Perilaku Struktur Proses. Jakarta : Erlangga
Hadi, Sutrisno. 1998. Analisis Regresi. Yogyakarta : Andi Offset
Heidjrachman, H. Suad. 2002. Manajemen Personalia. Yogyakarta : Bpfe
Hersey, Paul. 1994. Kunci Sukses Pemimpin Situasional. Jakarta : Delaprasata
Kartono, Kartini. 1994. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali
Muhammad, Arni. 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta : Bumi Aksara
Ramdhan, Muhammad. 2005. ”Memimpin Sesuai Keadaan”. Makalah, Jakarta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Tarsito
Thoha, Miftah. 2002. Perilaku Organisasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Tjiptono, Fandy. 2001. Total Quality Manajement. Yogyakarta : Andi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Herzberg dan Teori Maslow

Makalah Aves

PERENCANAAN SUMBER DAYA PENDIDIKAN YANG EFEKTIF DAN EFISIEN