PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KANTOR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SEMARANG
Kata kunci : gaya kepemimpinan, komunikasi intern, efektivitas kerja Efektivitas kerja merupakan derajat pencapaian tujuan suatu organisasi berdasarkan aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Efektivitas kerja dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain gaya kepemimpinan, komunikasi intern, tata ruang kantor, motivasi kerja dan lain-lain. Dalam penelitian ini yang akan dibahas yaitu pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) adakah pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja? (2) seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja baik secara simultan maupun secara parsial? Dengan tujuan penelitian : (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi intern terhadap efektivitas kerja pe