Rancangan kegiatan kelompok kecil untuk kelas 2 dan 3
kurang lebih 40 menit
a. Memberi orientasi umum tentang tujuan, tugas dan cara
mengerjakan
b. Memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya
kebosanan siswa dalam belajar
c. Membentuk kelompok yang tepat
d. Mengkoordinasikan kegiatan
e. Membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan
siswa
f. Mengakhiri kegiatan dengan kulminasi
No |
Waktu |
Kegiatan materi dan |
Posisi guru |
|
|
Kelas II |
Kelas III |
1. 2. 3. 4. 5. |
5 Menit 10 Menit 10 Menit 10 Menit 5 Menit |
- Berkumpul di ruangan kelas - Siswa mengamati gambar tentang benda padat dan
cair, gas di sekitar sekolah - guru menyuruh tiap-tiap kelompok yang terdiri 4 orang perkelompok
menulis laporan tentang benda yang ada sekitar contoh benda padat, cair dam
gas - Mesing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatan tentang benda
padat dan gas, cair yang ada di sekitar sekolah - Masing-masing kelompok presentasi hasil pengamatan tentang benda
yang ada sekitar sekolah kelompok kelas III dan II lalu memberu komentar |
- Bersama dengan kelas II mendengar arahan dari guru - Siswa mengamati apa saja yang dilihat di luar ruang kelas tentang
benda-benda -
Guru dan siswa tanya jawab tentang benda apa
saja yang dilihat di ruang kelas -
Menuliskan
hasil tanya jawab tentang di benda yang dilihat di ruang kelas -
Guru dan siswa
mengoreksi hasil kerja kelompok masing-,masing |
2.
Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan
a.
Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
b.
Keterampilan mengorganisasikan kegiatan
c.
Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
d.
Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan
pembelajaran
No |
Kegiatan |
Kemunculan |
Contoh / Komentar |
|
Ada |
Tidak |
|||
A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. |
Mengadakan
pendekatan secara pribadi Mengadakan
kehangatan dan kepekaan Mendengar
secara Memberi
respons positif Membangun
hubungan saling mempercayai Menunjukkan
kesiapan membantu siswa Menerima
perasaan siswa Mengendalikan
situasi |
ü
ü
ü
-
ü
ü
-
ü
ü
-
-
|
|
- Murid belajar dengan penuh
suka cita, kegembiraan karena dapat merasa perhatian dari guru - Jika murid berbicara, guru hendaknya
menunjukkan sikap bahwa ia memang mendengarkan dengan penuh perhatian apa
yang dikemukakan oleh murid - Meningkatkan perhatian siswa - Memudahkan siswa belajar - Muncul rasa percaya diri
kepada siswa - Mendengar dengan sepenuh
hati - Menjaga kredibilitas dan
konsisten - Pengajaran komunikatif dan
ekpresif - Menggunakan metode dua
kegiatan yang beragam - Jadikan siswa peserta aktif - Ciptakan suasana kelas yang
kondusif - Berikan tugas secara
proporsional - Penuh perhatian dan
keterbukaan antara siswa dengan guru - Siswa merasa dibantu serta
merasa menemukan alternatif pemecahan masalah |
B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1 |
Mengorganisasikan
kegiatan Memberi
orientasi umum Memvariasikan
kegiatan Membentuk
kelompok Mengkoordinasikan
kegiatan Memberi
perhatian Mengakhiri
kegiatan dengan kulminasi |
ü
ü
ü
ü
ü
ü
|
|
- Guru menjelaskan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau
demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah - Misalnya berupa kegiatan
observasi, diskusi hasil observasi, memecahkan masalah - Mengelompokkan siswa-siswa
berdasarkan tempat duduknya kemampuan yang pintar dengan pintar atau dicampur
atau pintar dengan kurang pintar - Cara melihat kemajuan siswa
dariawal sampai akhir kegiatan dengan cara ini guru dapat memantau apakah
tugas dikerjakan dengan benar atau siswa memerlukan bantuan - Keterampilan ini siswa
sangat erat sekali hubungan dengan sikap tanggap terhadap kebutuhan sehingga
siswa merasa guru selalu ada bersama mereka - Memungkinkan siswa saling
belajar, memajangkan hasil karya, menanggapi hasil kerja kelompok
contoh-contoh kegiatan ini memungkinkan siswa saling belajar |
C. 1. 2. 3. 4. |
Membimbing dan
memudahkan belajar Memberi
penguatan Melakukan
supervisi proses awal Melakukan
supervisi proses lanjut Mengadakan
supervisi pemanduan |
ü
ü ü ü |
|
- Siswa terdorong untuk
belajar lebih baik yang diberikan harus bermakna sangat tepat sasaran
sehingga siswa menunjukkan prilaku yang diharapkan - Ketika siswa mulai bekerja
dalam kelompok atau sendiri guru perlu berkeliling untuk melihat apakah siswa
sudah mulai berkerja atau membantu siswa atau kelompok yang kebingungan - Memberi pelajaran tambahan
atau bimbingan belajar - Melibatkan diri sebagai
peserta aktif - Memimpin diskusi kelompok
kecil - Supervisi pemanduan
dilakukan guru dengan cara mendatangi setiap kelompok, menanyakan hasil yang
sudah dicapai |
D. 1. 2. 3. 4. |
Keterampilan
merencanakn dan melaksanakan pembelajaran Membantu siswa
menetapkan tujuan belajar Merencanakan
kegiatan pembelajaran Bertindak
sebagai penasehat Membentuk
siswa menilai percapaian atau kemajuannya |
ü
ü ü ü |
|
- Dapat dilakukan dengan
diskusi menyediaka bahan-bahan yang menarik yang mampu mendorong siswa untuk
mencapai tujuan tersebut - Tujuan guru dapat
merencanakan kegiatan belajar yang sesuai dengan tujuan, minat dan kemampuan
siswa - Guru dapat memberi bantuan
yang tetap jika guru mampu berinteraksi secara efektif dengan siswa sehingga
siswa mau mengungkapkan masalahnya - Guru diharapkan mampu
menetapkan kondisi dan tuntutan belajar yang memungkinkan siswa memikul
tanggung jawab sendiri dalam belajar |