Minggu, 11 Agustus 2024

Rancangan kegiatan kelompok kecil untuk kelas 2 dan 3 kurang lebih 40 menit

 


 

  Rancangan kegiatan kelompok kecil untuk kelas 2 dan 3 kurang lebih 40 menit

a.    Memberi orientasi umum tentang tujuan, tugas dan cara mengerjakan

b.    Memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya kebosanan siswa dalam belajar

c.    Membentuk kelompok yang tepat

d.    Mengkoordinasikan kegiatan

e.    Membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan siswa

f.     Mengakhiri kegiatan dengan kulminasi

 

No

Waktu

                   Kegiatan materi dan

Posisi guru

 

 

Kelas II

Kelas III

1.

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

5 Menit

 

 

10 Menit

 

 

 

 

 

10 Menit

 

 

 

 

 

 

10 Menit

 

 

 

 

 

 

5 Menit

- Berkumpul di ruangan kelas

 

 

- Siswa mengamati gambar tentang benda padat dan cair, gas di sekitar sekolah

 

 

 

- guru menyuruh tiap-tiap kelompok yang terdiri 4 orang perkelompok menulis laporan tentang benda yang ada sekitar contoh benda padat, cair dam gas

 

- Mesing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatan tentang benda padat dan gas, cair yang ada di sekitar sekolah

 

 

- Masing-masing kelompok presentasi hasil pengamatan tentang benda yang ada sekitar sekolah kelompok kelas III dan II lalu memberu komentar

- Bersama dengan kelas II mendengar arahan dari guru

 

- Siswa mengamati apa saja yang dilihat di luar ruang kelas tentang benda-benda

 

 

 

-   Guru  dan siswa tanya jawab tentang benda apa saja yang dilihat di ruang kelas

 

 

 

 

-   Menuliskan hasil tanya jawab tentang di benda yang dilihat di ruang kelas

 

 

 

 

-   Guru dan siswa mengoreksi hasil kerja kelompok masing-,masing

2.    Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan

a.      Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi

b.      Keterampilan mengorganisasikan kegiatan

c.       Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar

d.      Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran

No

Kegiatan

Kemunculan

Contoh / Komentar

Ada

Tidak

A.

 

 

1.

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

7.

 

 

Mengadakan pendekatan secara pribadi

 

Mengadakan kehangatan dan kepekaan

 

 

 

Mendengar secara

 

 

 

 

 

 

Memberi respons positif

 

 

 

 

 

Membangun hubungan saling mempercayai

 

 

 

 

 

Menunjukkan kesiapan membantu siswa

 

 

 

 

 

 

Menerima perasaan siswa

 

 

Mengendalikan situasi

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

-        

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

-        

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

ü    

-        

-        

 

 

 

 

-  Murid belajar dengan penuh suka cita, kegembiraan karena dapat merasa perhatian dari guru

 

-  Jika murid berbicara, guru hendaknya menunjukkan sikap bahwa ia memang mendengarkan dengan penuh perhatian apa yang dikemukakan oleh murid

 

-  Meningkatkan perhatian siswa

-  Memudahkan siswa belajar

-  Muncul rasa percaya diri kepada siswa

 

-  Mendengar dengan sepenuh hati

-  Menjaga kredibilitas dan konsisten

-  Pengajaran komunikatif dan ekpresif

 

-  Menggunakan metode dua kegiatan yang beragam

-  Jadikan siswa peserta aktif

-  Ciptakan suasana kelas yang kondusif

-  Berikan tugas secara proporsional

 

-  Penuh perhatian dan keterbukaan antara siswa dengan guru

-  Siswa merasa dibantu serta merasa menemukan alternatif pemecahan masalah

 

B.

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

6.

1

Mengorganisasikan kegiatan

 

Memberi orientasi umum

 

 

 

 

 

 

Memvariasikan kegiatan

 

 

 

 

Membentuk kelompok

 

 

 

 

 

 

Mengkoordinasikan kegiatan

 

 

 

 

 

 

 

Memberi perhatian

 

 

 

 

 

 

Mengakhiri kegiatan dengan kulminasi

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

-   Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah

 

-   Misalnya berupa kegiatan observasi, diskusi hasil observasi, memecahkan masalah

 

-   Mengelompokkan siswa-siswa berdasarkan tempat duduknya kemampuan yang pintar dengan pintar atau dicampur atau pintar dengan kurang pintar

 

-   Cara melihat kemajuan siswa dariawal sampai akhir kegiatan dengan cara ini guru dapat memantau apakah tugas dikerjakan dengan benar atau siswa memerlukan bantuan

 

-   Keterampilan ini siswa sangat erat sekali hubungan dengan sikap tanggap terhadap kebutuhan sehingga siswa merasa guru selalu ada bersama mereka

 

-   Memungkinkan siswa saling belajar, memajangkan hasil karya, menanggapi hasil kerja kelompok contoh-contoh kegiatan ini memungkinkan siswa saling belajar

C.

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

Membimbing dan memudahkan belajar

 

Memberi penguatan

 

 

 

 

 

 

Melakukan supervisi proses awal

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan supervisi proses lanjut

 

 

 

 

 

 

Mengadakan supervisi pemanduan

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

-   Siswa terdorong untuk belajar lebih baik yang diberikan harus bermakna sangat tepat sasaran sehingga siswa menunjukkan prilaku yang diharapkan

 

-   Ketika siswa mulai bekerja dalam kelompok atau sendiri guru perlu berkeliling untuk melihat apakah siswa sudah mulai berkerja atau membantu siswa atau kelompok yang kebingungan

 

-   Memberi pelajaran tambahan atau bimbingan belajar

-   Melibatkan diri sebagai peserta aktif

-   Memimpin diskusi kelompok kecil

 

-   Supervisi pemanduan dilakukan guru dengan cara mendatangi setiap kelompok, menanyakan hasil yang sudah dicapai

D.

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

4.

Keterampilan merencanakn dan melaksanakan pembelajaran

 

Membantu siswa menetapkan tujuan belajar

 

 

 

 

 

Merencanakan kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

 

Bertindak sebagai penasehat

 

 

 

 

 

 

Membentuk siswa menilai percapaian atau kemajuannya

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

 

 

 

ü    

 

 

 

 

-   Dapat dilakukan dengan diskusi menyediaka bahan-bahan yang menarik yang mampu mendorong siswa untuk mencapai tujuan tersebut

 

-   Tujuan guru dapat merencanakan kegiatan belajar yang sesuai dengan tujuan, minat dan kemampuan siswa

 

 

-   Guru dapat memberi bantuan yang tetap jika guru mampu berinteraksi secara efektif dengan siswa sehingga siswa mau mengungkapkan masalahnya

 

-   Guru diharapkan mampu menetapkan kondisi dan tuntutan belajar yang memungkinkan siswa memikul tanggung jawab sendiri dalam belajar