Rancangan kegiatan kelompok kecil untuk kelas 2 dan 3
kurang lebih 40 menit
a.    Memberi orientasi umum tentang tujuan, tugas dan cara
mengerjakan
b.    Memvariasikan kegiatan untuk mencegah timbulnya
kebosanan siswa dalam belajar
c.    Membentuk kelompok yang tepat
d.    Mengkoordinasikan kegiatan
e.    Membagi perhatian pada berbagai tugas dan kebutuhan
siswa
f.     Mengakhiri kegiatan dengan kulminasi
| 
   No  | 
  
   Waktu  | 
  
                      Kegiatan materi dan   | 
  
   Posisi guru  | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   Kelas II  | 
  
   Kelas III  | 
 
| 
   1. 2.  3. 4. 5.   | 
  
   5 Menit 10 Menit 10 Menit 10 Menit 5 Menit  | 
  
   - Berkumpul di ruangan kelas - Siswa mengamati gambar tentang benda padat dan
  cair, gas di sekitar sekolah - guru menyuruh tiap-tiap kelompok yang terdiri 4 orang perkelompok
  menulis laporan tentang benda yang ada sekitar contoh benda padat, cair dam
  gas - Mesing-masing kelompok melaporkan hasil pengamatan tentang benda
  padat dan gas, cair yang ada di sekitar sekolah - Masing-masing kelompok presentasi hasil pengamatan tentang benda
  yang ada sekitar sekolah kelompok kelas III dan II lalu memberu komentar  | 
  
   - Bersama dengan kelas II mendengar arahan dari guru - Siswa mengamati apa saja yang dilihat di luar ruang kelas tentang
  benda-benda -  
  Guru  dan siswa tanya jawab tentang benda apa
  saja yang dilihat di ruang kelas -  
  Menuliskan
  hasil tanya jawab tentang di benda yang dilihat di ruang kelas -  
  Guru dan siswa
  mengoreksi hasil kerja kelompok masing-,masing  | 
 
2.   
Komponen keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan
a.     
Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
b.     
Keterampilan mengorganisasikan kegiatan
c.      
Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
d.     
Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan
pembelajaran
| 
   No  | 
  
   Kegiatan  | 
  
   Kemunculan  | 
  
   Contoh / Komentar  | 
 |
| 
   Ada  | 
  
   Tidak  | 
 |||
| 
   A. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.  | 
  
   Mengadakan
  pendekatan secara pribadi Mengadakan
  kehangatan dan kepekaan Mendengar
  secara Memberi
  respons positif Membangun
  hubungan saling mempercayai Menunjukkan
  kesiapan membantu siswa Menerima
  perasaan siswa Mengendalikan
  situasi  | 
  
   ü  
   ü  
   ü  
   -      
   ü  
   ü  
   -      
   ü  
   ü  
   -      
   -      
    | 
  
   | 
  
   -  Murid belajar dengan penuh
  suka cita, kegembiraan karena dapat merasa perhatian dari guru -  Jika murid berbicara, guru hendaknya
  menunjukkan sikap bahwa ia memang mendengarkan dengan penuh perhatian apa
  yang dikemukakan oleh murid -  Meningkatkan perhatian siswa -  Memudahkan siswa belajar -  Muncul rasa percaya diri
  kepada siswa -  Mendengar dengan sepenuh
  hati -  Menjaga kredibilitas dan
  konsisten -  Pengajaran komunikatif dan
  ekpresif -  Menggunakan metode dua
  kegiatan yang beragam -  Jadikan siswa peserta aktif -  Ciptakan suasana kelas yang
  kondusif -  Berikan tugas secara
  proporsional -  Penuh perhatian dan
  keterbukaan antara siswa dengan guru -  Siswa merasa dibantu serta
  merasa menemukan alternatif pemecahan masalah  | 
 
| 
   B. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 1  | 
  
   Mengorganisasikan
  kegiatan Memberi
  orientasi umum Memvariasikan
  kegiatan Membentuk
  kelompok Mengkoordinasikan
  kegiatan Memberi
  perhatian Mengakhiri
  kegiatan dengan kulminasi  | 
  
   ü  
   ü  
   ü  
   ü  
   ü  
   ü  
    | 
  
   | 
  
   -   Guru menjelaskan tujuan
  pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, mengajukan fenomena atau
  demonstrasi atau cerita untuk memunculkan masalah -   Misalnya berupa kegiatan
  observasi, diskusi hasil observasi, memecahkan masalah -   Mengelompokkan siswa-siswa
  berdasarkan tempat duduknya kemampuan yang pintar dengan pintar atau dicampur
  atau pintar dengan kurang pintar -   Cara melihat kemajuan siswa
  dariawal sampai akhir kegiatan dengan cara ini guru dapat memantau apakah
  tugas dikerjakan dengan benar atau siswa memerlukan bantuan -   Keterampilan ini siswa
  sangat erat sekali hubungan dengan sikap tanggap terhadap kebutuhan sehingga
  siswa merasa guru selalu ada bersama mereka -   Memungkinkan siswa saling
  belajar, memajangkan hasil karya, menanggapi hasil kerja kelompok
  contoh-contoh kegiatan ini memungkinkan siswa saling belajar  | 
 
| 
   C. 1. 2. 3. 4.  | 
  
   Membimbing dan
  memudahkan belajar Memberi
  penguatan Melakukan
  supervisi proses awal Melakukan
  supervisi proses lanjut Mengadakan
  supervisi pemanduan  | 
  
   ü  
   ü    ü    ü     | 
  
   | 
  
   -   Siswa terdorong untuk
  belajar lebih baik yang diberikan harus bermakna sangat tepat sasaran
  sehingga siswa menunjukkan prilaku yang diharapkan -   Ketika siswa mulai bekerja
  dalam kelompok atau sendiri guru perlu berkeliling untuk melihat apakah siswa
  sudah mulai berkerja atau membantu siswa atau kelompok yang kebingungan -   Memberi pelajaran tambahan
  atau bimbingan belajar -   Melibatkan diri sebagai
  peserta aktif -   Memimpin diskusi kelompok
  kecil -   Supervisi pemanduan
  dilakukan guru dengan cara mendatangi setiap kelompok, menanyakan hasil yang
  sudah dicapai  | 
 
| 
   D. 1. 2. 3. 4.  | 
  
   Keterampilan
  merencanakn dan melaksanakan pembelajaran Membantu siswa
  menetapkan tujuan belajar Merencanakan
  kegiatan pembelajaran Bertindak
  sebagai penasehat Membentuk
  siswa menilai percapaian atau kemajuannya  | 
  
   ü  
   ü    ü    ü     | 
  
   | 
  
   -   Dapat dilakukan dengan
  diskusi menyediaka bahan-bahan yang menarik yang mampu mendorong siswa untuk
  mencapai tujuan tersebut -   Tujuan guru dapat
  merencanakan kegiatan belajar yang sesuai dengan tujuan, minat dan kemampuan
  siswa -   Guru dapat memberi bantuan
  yang tetap jika guru mampu berinteraksi secara efektif dengan siswa sehingga
  siswa mau mengungkapkan masalahnya -   Guru diharapkan mampu
  menetapkan kondisi dan tuntutan belajar yang memungkinkan siswa memikul
  tanggung jawab sendiri dalam belajar  |