Selasa, 10 Desember 2024

BELAJAR BERMAKNA AUSUBEL

 

I. Pendahuluan
Menurut Ausubel (Burhanuddin, 1996:116) faktor utama yang
mempengaruhi belajar bermakna adalah struktur kognitif yang
telah ada, stabilitas dan kejelasan pengetahuan dalam sutu bidang
studi dan pada waktu tertentu. Sifat-sifat struktur kognitif
menentukan validitas dan kejelasan arti-arti yang timbul pada
waktu informasi baru masuk ke dalam struktur kognitif itu,
demikian pula sifat proses interaksi yang terjadi. Ausubel menolak
pendapat bahwa semua kegiatan belajar dengan menemukan adalah
bermakna, sedangkan kegiatan dengan ceramah adalah kurang
bermakna. Belajar ini perlu bila seseorang memperoleh informasi
baru dalam dunia pengetahuan yang sama sekali tidak berhubungan
dengan apa yang telah ia ketahui.
Menurut Ausubel dan Novak (Burhanuddin, 1996: 115) ada
tiga kebaikan belajar bermakna, yaitu:
1) Informasi yang dipelajari secara bermakna lebih lama diingat
2) Informasi baru yang telah dikaitkan dengan konsep-konsep
relevan sebelumnya dapat meningkatkan konsep yang telah
dikuasai sebelumnya sehingga memudahkan proses belajar
mengajar berikutnya untuk memberi pelajaran yang mirip
3) Informasi yang pernah dilupakan setelah pernah dikuasai
sebelumnya masih meninggalkan bekas sehingga memudahkan
proses belajar mengajar untuk materi pelajaran yang mirip
walaupun telah lupa.
II. Pembahasan
A. Teori Belajar Bermakna Ausubel
David Ausubel adalah seorang ahli psikologi pendidikan yang
terkenal dengan teori belajar bermakna (meaningfull). Ausubel
membedakan antara belajar menemukan dengan belajar menerima.
Pada belajar menerima siswa hanya menerima, jadi tinggal
menghafalkannya, tetapi pada belajar menemukan konsep
ditemukan oleh siswa, jadi tidak menerima pelajaran begitu saja.
Menurut Ausubel (Burhanuddin, 1996 : 112) pembelajaran
bermakna merupakan suatu proses mengaitkan informasi baru pada
konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif
seseorang. Struktur kognitif meliputi fakta-fakta, konsep-konsep,
dan generalisasi-generalisasi yang telah dipelajari dan diingat
siswa.
Faktor-faktor utama yang mempengaruhi belajar bermakna
menurut Ausubel adalah struktur kognitif yang ada, stabilitas dan
kejelasan pengetahuan dalam suatu bidang studi tertentu dan pada
waktu tertentu. Pembelajaran bermakna terjadi apabila seseorang
belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam struktur
pengetahuan mereka. Dalam proses belajar seseorang
mengkonstruksi apa yang telah ia pelajari dan mengasosiasikan
pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru ke dalam struktur
pengetahuan mereka.

B. Tipe Belajar Menurut Ausubel
Ada beberapa tipe belajar menurut Ausubel, yaitu:
1. Belajar dengan penemuan yang bermakna yaitu mengaitkan
pengetahuan yang telah dimilikinya dengan materi pelajaran yang
dipelajari itu. Atau sebaliknya, siswa terlebih dahulu menemukan
pengetahuannya dari apa yang ia pelajari kemudian pengetahuan
baru tersebut ia kaitkan dengan pengetahuan yang sudah ada.
2. Belajar dengan penemuan yang tidak bermakna yaitu pelajaran
yang dipelajari ditemukan sendiri oleh siswa tanpa mengaitkan
pengetahuan yang telah dimilikinya, kemudian dia hafalkan.
3. Belajar menerima (ekspositori) yang bermakna yaitu materi
pelajaran yang telah tersusun secara logis disampaikan kepada
siswa sampai bentuk akhir, kemudian pengetahuan yang baru ia
peroleh itu dikaitkan dengan pengetahuan lain yang telah dimiliki.
C. Kebaikan Belajar Bermakna
Menurut Ausubel dan Novak (Burhanuddin, 1996 : 115) ada
tiga kebaikan belajar bermakna, yaitu :
1. Informasi yang dipelajari secara bermakna lebih lama diingat.
2. Informasi baru yang telah dikaitkan dengan konsep-konsep
relevan sebelumnya dapat meningkatkan konsep yang telah
dikuasai sebelumnya sehingga memudahkan proses belajar
mengajar berikutnya untuk memberi pelajaran yang mirip.
3. Informasi yang pernah dilupakan setelah pernah dikuasai
sebelumnya masih meninggalkan bekas sehingga memudahkan
proses belajar mengajar untuk materi pelajaran yang mirip
walaupun telah lupa.
Prasyarat agar belajar menerima menjadi bermakna menurut
Ausubel, yaitu:
1. Belajar menerima yang bermakna hanya akan terjadi apabila
siswa memiliki strategi belajar bermakna,
2. Tugas-tugas belajar yang diberikan kepada siswa harus sesuai
dengan pengetahuan yang telah dimiliki siswa.
3. Tugas-tugas belajar yang diberikan harus sesuai dengan tahap
perkembangan intelektual siswa.

D. Hubungan Teori Belajar Bermakna dan Konstruktivisme
Teori Belajar Bermakna Ausubel sangat dekat dengan
Konstruktivisme. Keduanya menekankan pentingnya pelajar
mengasosiasikan pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru
kedalam sistem pengertian yang telah dipunyai. Keduanya
menekankan pentingnya asimilasi pengalaman baru kedalam
konsep atau pengertian yang sudah dipunyai siswa. Keduanya
mengandaikan bahwa dalam proses belajar itu siswa aktif.
Ausubel berpendapat bahwa guru harus dapat
mengembangkan potensi kognitif siswa melalui proses belajar
yang bermakna. Sama seperti Bruner dan Gagne, Ausubel
beranggapan bahwa aktivitas belajar siswa, terutama mereka yang
berada di tingkat pendidikan dasar, akan bermanfaat kalau mereka
banyak dilibatkan dalam kegiatan langsung. Namun untuk siswa
pada tingkat pendidikan lebih tinggi, maka kegiatan langsung akan
menyita banyak waktu. Untuk mereka, menurut Ausubel, lebih
efektif kalau guru menggunakan penjelasan, peta konsep,
demonstrasi, diagram, dan ilustrasi.
E. Langkah-langkah Belajar Bermakna Menurut Ausubel
Cara Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta
Konsep :
1) Pilih suatu bacaan dari buku pelajaran.
2) Tentukan konsep-konsep yang relevan.
3) Urutkan konsep-konsep dari yang paling inklusif ke yang paling
tidak inklusif atau contoh-contoh.
4) Susun konsep-konsep tersebut di atas kertas mulai dari konsep
yang paling inklusif di puncak konsep ke konsep yang tidak
inklusif di bawah.
5) Hubungkan konsep-konsep ini dengan kata-kata penghubung
sehingga menjadi sebuah peta konsep.
6) Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk menerapkan
belajar bermakna Ausubel adalah sebagai berikut: Advance
organizer, Progressive differensial, integrative reconciliation,
dan consolidation.

Advance organizer merupakan pola interaksi siswa dengan guru
di dalam kelas yang menyengkut strategi, pendekatan, metode,
dan teknik pembelajaran yang diterapkan dalam pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar di kelas (Suherman, 2001: 8). Model
pembelajaran disusun untuk mengarahkan belajar, dimana guru
membantu siswa untuk memperoleh informasi, ide
keterampilan, nilai, cara berpikir dan mengekspresikan dirinya
(Joyce et.al dalam Budiningsih, 2003 : 11).
Langkah-langkah Belajar Bermakna Menurut Ausubel :
1) Menentukan tujuan pembelajaran.
2) Melakukan identifikasi karakteristik siswa (kemampuan awal,
motivasi, gaya belajar, dan sebagainya).
3) Memilih materi pelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dan
mengaturnya dalam bentuk konsep-konsep inti.
4) Menentukan topik-topik dan menampilkannya dalam bentuk
advance organizer yang akan dipelajari siswa.
5) Mempelajari konsep-konsep inti tersebut, dan menerapkannya
dalam bentuk nyata/konkret.
6) Melakukan penilaian proses dan hasil belajar siswa.

Senin, 09 Desember 2024

POTO DI HP JADUL



 

POTO BUNGA KUNING


 

POTO BUNGA KELENGKENG


 

TANGAN DAFFA UMUR 3 TAHUN

 




CONTOH KONTEN YOUTUBE YANG DAPAT DIMONETISASI

 Boleh

Contoh hal boleh dimonetisasi

Revisi yang ditambahi bumbu humor dan analisis pada konten yang bukan karya asli Anda

Klip dari konten orang lain sebagai bagian dari ulasan kritis

Adegan suatu film yang dialog atau voiceover-nya telah Anda ubah

Pemutaran ulang turnamen olahraga yang berisi penjelasan Anda seputar tindakan kompetitor demi meraih kemenangan atau yang mengakibatkan kekalahan

Video reaksi berisi komentar Anda terhadap video aslinya

Rekaman karya kreator lain yang sudah Anda edit dengan menambahkan jalan cerita atau komentar



Tidak boleh

Contoh hal yang tidak boleh dimonetisasi

Video singkat yang Anda kompilasi dari situs media sosial lain

Koleksi lagu dari beragam artis (meskipun Anda telah mendapatkan izin dari mereka)

Klip yang menampilkan berbagai momen dari acara favorit Anda yang diedit menjadi satu dengan sedikit atau tanpa narasi

Konten yang diupload berkali-kali oleh kreator lain

Promosi konten orang lain (meskipun Anda telah mendapatkan izin mereka)

KATA KUNCI YOUTUBE UNTUK KONTEN KUCING

 



anak kucing makan ayam,suara induk kucing memanggil anaknya untuk makan,anak kucing ga mau makan,kenapa kucing ga mau makan,kenapa kucing galak dan agresif,

kenapa kucing gelisah dan mengeong,suara anak kucing dan gambarnya,kenapa kucing gemetar dan lemas,

anak kucing gak mau makan,anak kucing gemuk kerjanya makan terus,anak kucing gak mau makan dan lemas,anak kucing ga mau makan dan lemas,

anak kucing manjat pohon,anak kucing panjat pohon,kucing makan

kucing mandi sendirian,

cara kucing mandi sendiri,

kucing bisa mandi sendiri,

kucing yang bisa mandi sendiri,

kucing mandi anteng,

kucing mandi,

kucing masuk bak mandi,

dj kucing,

lagu kucing dugem,

kucing dugem,

kucing lucu mandi sendiri,

mandi kucing adalah,

kucing-kucing mandi,

kasih mandi kucing,

gaya mandi kucing,

mandi kucing di spa,

mandi kucing,

kucing anteng dimandikan,

bolehkah kucing mandi setiap hari,

3 kucing,



kucing lapar,
kucing goreng,
kucing begadang,
kucing mencari teman,
kucing mencari makan untuk anaknya,
ibu kucing,
ibu kucing sakit,
ibu kucing memanggil anaknya,
ibu kucing memanggil anak,
dj kucing garong,
dj kucing garong angklung,
dj kucing,
dj kucing remix,
dj kucing garong nonstop,
video kucing lapar,
video kucing marah lucu,
3 kucing



anak kucing ga mau makan,kenapa kucing ga mau makan,suara anak kucing dan gambarnya,

anak kucing gemuk kerjanya makan terus,anak kucing gak mau makan dan lemas,anak kucing ga mau makan dan lemas,kucing makan berapa kali sehari,

kucing makan burung,kucing makan,kucing makan anak kucing,kucing makan tikus,kucing makan ikan,kucing makan rumput,kucing makan durian,kucing makan anaknya,

kucing makan di sore hari,kucing makan buah naga