Nama
Mahasiswa        : 
Nama
Sekolah             :
Model
PKR                 :
2.2.1
Mata
Pelajaran            :
- IPS
                                      -
IPA
Kelas                           :  III/II
                                       IV/II
AlokasiWaktu            :
1 pertemuan (2 x 35 menit)
I.             
Standar
Kompetensi:
IPS
(Kelas III)  :    1.    Memahami lingkungan
dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
IPA
(Kelas IV)      :      2.          Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II.          
Kompetensi
Dasar :
IPS
(Kelas III)  :  1.1    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
                               1.2  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
IPA
(Kelas IV)      :  2.1            Menjelaskan hubungan antara struktur
akar tumbuhan dengan fungsinya
III.       
Indikator
:
IPS
1.       
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
2.       
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
3.       
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan
bagi kehidupan
4.       
Membuatdenahrumahsiswadenganmenentukanarahmataanginnya
IPA
1.       
Mendeskripsikan jenis akar serabut dan
akar tunggang
2.       
Mendeskripsikan akar gantung, akar
tunjang dan akar napas.
3.       
Mendeskripsikan kegunaan akar
IV.  
Materi
Ajar
IPS
1.        
Pengertian kenampakan alam
2.        
Pengertian kenampakan buatan
dilingkungan sekitar
3.        
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
4.        
Pengertiandenah
IPA
Struktur
dan Fungsi bagian tumbuhan akar
a.        
Struktur akar
b.        
Kegunaan akar
V.     
Metode
Pembelajaran
Metode
:ceramah, diskusi, pengamatan, penugasan ( mengerjakan soal)
VI.  
Kegiatan
Pembelajaran
| 
   Kelas III  | 
  
   Kelas IV  | 
  
   Waktu  | 
 
| 
   Kegiatan Awal
  (Bersama-sama) 1.  Salam 2.  Presensi
  siswa 3.  Game
  ringan 4.  Apersepsi a.  Guru menanyakan ada yang sudah
  sarapan? b.  Guru menunjukkan gambar
  bagian tanaman yang tersimpan dalam plastik yang diberi nama MKH (Misteri
  Kantong Hitam) c.  Guru menanyakan apa nama
  gambar tersebut d. Kemudian guru menyampaikan
  keterkaiatan pelajaran hari ini dan pelajaran kemarin.  | 
  
   10 menit  | 
 |
| 
   Kegiatan Inti 1.   
  Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati
  gambar kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di papan tulis. 2.   
  Siswa menulis kan contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan
  dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. 3.   
  Salah satu kelompok membaca kan hasil pengamatan. 4.   
  Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai
  denah. 5.   
  Secara individu siswa membuat denah sekolah.  | 
  
   Kegiatan
  Inti 1.     Siswa
  dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar beberapa tanaman
  yang mereka bawa dan menuliskan jenis akar yang ada pada tersebut 2.     Guru
  juga meminta anak untuk mendiskusikan tentang struktur akar dan fungsi
  akar.   3.     Salah
  satu kelompok membacakan hasil pengamatan dan kelompok yang lain menanggapi 4.     Guru
  menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai struktur akar,
  fungsi akar dan jenis – jenis akar 5.     Siswa
  secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan tanaman berdasarkan
  jenis akarnya  | 
  
   50 menit  | 
 
| 
   Kegiatan Penutup 1.   
  Membuat kesimpulan bersama-sama. 2.   
  Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan. 3.   
  Memberi tugas rumah yaitu membuat denah perjalanan ke sekolah.  | 
  
   Kegiatan
  Penutup 1.    Membuat
  kesimpulan bersama-sama. 2.    Memberikan
  umpan balik dari hasil pekerjaan. 3.    Memberi
  tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan berdasarkan jenis akarnya yang berada
  di lingkungan sekitar.  | 
  
   10 menit  | 
 
VII.    
Bahan
dan sumber belajar
Mata
Pelajaran IPS kelas III
a.        
Gambar lingkungan alam, gambar
lingkungan buatan, gambar denah
b.       
Buku IPS Kelas III SD. Tim Bina IPS.
2010. Yudhistira
c.        
Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran IPA kelas IV
a.        
Gambar struktur akar, gambar bagian –
bagian tanaman, macam – macam gambar tanaman
b.       
Buku Sains kelas IV SD tim Bina IPA.
2010 Yudhistira
c.        
Lembar Kerja Siswa
VIII.  Penilaian
a.        
Prosedur Penilaian :  Kinerja
b.       
Bentuk
Soal          :  Pengamatan
dan menempel
c.        
Instrumen               :  Terlampir
| 
   Mengetahui, Kepala
  Sekolah SDN  NAMA
  KEPALA  | 
  
   | 
  
   Guru
  Kelas  NAMA
  MAHASISWA  | 
 
Lampiran
Lembar Kerja Siswa IPS kelas III
| 
   NO  | 
  
   LingkunganAlam  | 
  
   Manfaat  | 
 
| 
   1.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   2.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   3.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   4.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   5.  | 
  
   | 
  
   | 
 
Lembar Kerja Siswa IPS kelas III
| 
   NO  | 
  
   LingkunganAlam  | 
  
   Manfaat  | 
 
| 
   1.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   2.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   3.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   4.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   5.  | 
  
   | 
  
   | 
 
A.    Lembar Kerja Siswa IPA kelas IV
| 
   NO  | 
  
   NamaTanaman  | 
  
   JenisAkar  | 
 
| 
   1.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   2.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   3.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   4.  | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   5.  | 
  
   | 
  
   | 
 
                                              
B.     Jawablah pertanyaan
di bawah ini !
1.         
Gambarlah bagian – bagian akar!
2.         
Sebutkan jenis – jenis akar !
3.         
Sebutkan fungsi akar!
4.         
Sebutkan contoh tanaman dari akar
tunggang!
5.         
Sebutkan contoh tanaman berakar serabut!







                                                                             



Tidak ada komentar:
Posting Komentar