Minggu, 11 Agustus 2024

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

 



 

Nama Mahasiswa        :

Nama Sekolah             :

Model PKR                 : 2.2.1

Mata Pelajaran            : - IPS

                                      - IPA

Kelas                           :  III/II

                                       IV/II

AlokasiWaktu            : 1 pertemuan (2 x 35 menit)

 

I.              Standar Kompetensi:

IPS (Kelas III) :    1.    Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

IPA (Kelas IV)           2.          Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya

 

II.           Kompetensi Dasar :

IPS (Kelas III)  :  1.1    Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah

                               1.2  Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

IPA (Kelas IV)      :  2.1            Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

III.        Indikator :

IPS

1.        Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar

2.        Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

3.        Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

4.        Membuatdenahrumahsiswadenganmenentukanarahmataanginnya

IPA

1.        Mendeskripsikan jenis akar serabut dan akar tunggang

2.        Mendeskripsikan akar gantung, akar tunjang dan akar napas.

3.        Mendeskripsikan kegunaan akar

 

 

IV.   Materi Ajar

IPS

1.         Pengertian kenampakan alam

2.         Pengertian kenampakan buatan dilingkungan sekitar

3.         Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

4.         Pengertiandenah

IPA

Struktur dan Fungsi bagian tumbuhan akar

a.         Struktur akar

b.         Kegunaan akar

 

V.      Metode Pembelajaran

Metode :ceramah, diskusi, pengamatan, penugasan ( mengerjakan soal)

 

VI.   Kegiatan Pembelajaran

Kelas III

Kelas IV

Waktu

Kegiatan Awal (Bersama-sama)

1.  Salam

2.  Presensi siswa

3.  Game ringan

4.  Apersepsi

a.  Guru menanyakan ada yang sudah sarapan?

b.  Guru menunjukkan gambar bagian tanaman yang tersimpan dalam plastik yang diberi nama MKH (Misteri Kantong Hitam)

c.  Guru menanyakan apa nama gambar tersebut

d. Kemudian guru menyampaikan keterkaiatan pelajaran hari ini dan pelajaran kemarin.

10 menit

Kegiatan Inti

1.    Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di papan tulis.

2.    Siswa menulis kan contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

3.    Salah satu kelompok membaca kan hasil pengamatan.

4.    Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai denah.

5.    Secara individu siswa membuat denah sekolah.

Kegiatan Inti

1.     Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar beberapa tanaman yang mereka bawa dan menuliskan jenis akar yang ada pada tersebut

2.     Guru juga meminta anak untuk mendiskusikan tentang struktur akar dan fungsi akar.  

3.     Salah satu kelompok membacakan hasil pengamatan dan kelompok yang lain menanggapi

4.     Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai struktur akar, fungsi akar dan jenis – jenis akar

5.     Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan tanaman berdasarkan jenis akarnya

50 menit

Kegiatan Penutup

1.    Membuat kesimpulan bersama-sama.

2.    Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan.

3.    Memberi tugas rumah yaitu membuat denah perjalanan ke sekolah.

Kegiatan Penutup

1.    Membuat kesimpulan bersama-sama.

2.    Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan.

3.    Memberi tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan berdasarkan jenis akarnya yang berada di lingkungan sekitar.

10 menit

 

VII.     Bahan dan sumber belajar

Mata Pelajaran IPS kelas III

a.         Gambar lingkungan alam, gambar lingkungan buatan, gambar denah

b.        Buku IPS Kelas III SD. Tim Bina IPS. 2010. Yudhistira

c.         Lembar Kerja Siswa

 

Mata Pelajaran IPA kelas IV

a.         Gambar struktur akar, gambar bagian – bagian tanaman, macam – macam gambar tanaman

b.        Buku Sains kelas IV SD tim Bina IPA. 2010 Yudhistira

c.         Lembar Kerja Siswa

 

 

 

 

VIII.  Penilaian

a.         Prosedur Penilaian :  Kinerja

b.        Bentuk Soal          :  Pengamatan dan menempel

c.         Instrumen               :  Terlampir

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah SDN

 

 

 

NAMA KEPALA

 

 

 

 

Guru Kelas

 

 

 

NAMA MAHASISWA

 

 

 

 


Lampiran

Lembar Kerja Siswa IPS kelas III

 

NO

LingkunganAlam

Manfaat

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

5.

 

 

 

Lembar Kerja Siswa IPS kelas III

 

NO

LingkunganAlam

Manfaat

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

A.    Lembar Kerja Siswa IPA kelas IV

 

NO

NamaTanaman

JenisAkar

1.

 

 

2.

 

 

3.

 

 

4.

 

 

5.

 

 

                                             

B.     Jawablah pertanyaan di bawah ini !

1.          Gambarlah bagian – bagian akar!

2.          Sebutkan jenis – jenis akar !

3.          Sebutkan fungsi akar!

4.          Sebutkan contoh tanaman dari akar tunggang!

5.          Sebutkan contoh tanaman berakar serabut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Description: akar

 

 

Description: bagian akar tumbuhan

Description: beringin

 

 

 

Description: jagung

 

Description: mangga

 

 

Description: padi

Description: laut

                                                                            

 

Description: perkebunan

Description: sawah

 

 

Description: waduk