Nama
Mahasiswa :
Nama
Sekolah :
Model
PKR :
2.2.1
Mata
Pelajaran :
- IPS
-
IPA
Kelas : III/II
IV/II
AlokasiWaktu :
1 pertemuan (2 x 35 menit)
I.
Standar
Kompetensi:
IPS
(Kelas III) : 1. Memahami lingkungan
dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
IPA
(Kelas IV) : 2. Memahami
hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II.
Kompetensi
Dasar :
IPS
(Kelas III) : 1.1 Menceritakan lingkungan alam dan buatan di
sekitar rumah dan sekolah
1.2 Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan
sekolah
IPA
(Kelas IV) : 2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur
akar tumbuhan dengan fungsinya
III.
Indikator
:
IPS
1.
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan
kenampakan buatan di lingkungan sekitar
2.
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
3.
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan
bagi kehidupan
4.
Membuatdenahrumahsiswadenganmenentukanarahmataanginnya
IPA
1.
Mendeskripsikan jenis akar serabut dan
akar tunggang
2.
Mendeskripsikan akar gantung, akar
tunjang dan akar napas.
3.
Mendeskripsikan kegunaan akar
IV.
Materi
Ajar
IPS
1.
Pengertian kenampakan alam
2.
Pengertian kenampakan buatan
dilingkungan sekitar
3.
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi
kehidupan
4.
Pengertiandenah
IPA
Struktur
dan Fungsi bagian tumbuhan akar
a.
Struktur akar
b.
Kegunaan akar
V.
Metode
Pembelajaran
Metode
:ceramah, diskusi, pengamatan, penugasan ( mengerjakan soal)
VI.
Kegiatan
Pembelajaran
Kelas III |
Kelas IV |
Waktu |
Kegiatan Awal
(Bersama-sama) 1. Salam 2. Presensi
siswa 3. Game
ringan 4. Apersepsi a. Guru menanyakan ada yang sudah
sarapan? b. Guru menunjukkan gambar
bagian tanaman yang tersimpan dalam plastik yang diberi nama MKH (Misteri
Kantong Hitam) c. Guru menanyakan apa nama
gambar tersebut d. Kemudian guru menyampaikan
keterkaiatan pelajaran hari ini dan pelajaran kemarin. |
10 menit |
|
Kegiatan Inti 1.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati
gambar kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di papan tulis. 2.
Siswa menulis kan contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan
dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. 3.
Salah satu kelompok membaca kan hasil pengamatan. 4.
Guru menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai
denah. 5.
Secara individu siswa membuat denah sekolah. |
Kegiatan
Inti 1. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok dan diminta untuk mengamati gambar beberapa tanaman
yang mereka bawa dan menuliskan jenis akar yang ada pada tersebut 2. Guru
juga meminta anak untuk mendiskusikan tentang struktur akar dan fungsi
akar. 3. Salah
satu kelompok membacakan hasil pengamatan dan kelompok yang lain menanggapi 4. Guru
menanggapi hasil dari pengamatan dan menjelaskan mengenai struktur akar,
fungsi akar dan jenis – jenis akar 5. Siswa
secara berkelompok mengerjakan tugas menggelompokkan tanaman berdasarkan
jenis akarnya |
50 menit |
Kegiatan Penutup 1.
Membuat kesimpulan bersama-sama. 2.
Memberikan umpan balik dari hasil pekerjaan. 3.
Memberi tugas rumah yaitu membuat denah perjalanan ke sekolah. |
Kegiatan
Penutup 1. Membuat
kesimpulan bersama-sama. 2. Memberikan
umpan balik dari hasil pekerjaan. 3. Memberi
tugas rumah yaitu menuliskan tumbuhan berdasarkan jenis akarnya yang berada
di lingkungan sekitar. |
10 menit |
VII.
Bahan
dan sumber belajar
Mata
Pelajaran IPS kelas III
a.
Gambar lingkungan alam, gambar
lingkungan buatan, gambar denah
b.
Buku IPS Kelas III SD. Tim Bina IPS.
2010. Yudhistira
c.
Lembar Kerja Siswa
Mata Pelajaran IPA kelas IV
a.
Gambar struktur akar, gambar bagian –
bagian tanaman, macam – macam gambar tanaman
b.
Buku Sains kelas IV SD tim Bina IPA.
2010 Yudhistira
c.
Lembar Kerja Siswa
VIII. Penilaian
a.
Prosedur Penilaian : Kinerja
b.
Bentuk
Soal : Pengamatan
dan menempel
c.
Instrumen : Terlampir
Mengetahui, Kepala
Sekolah SDN NAMA
KEPALA |
|
Guru
Kelas NAMA
MAHASISWA |
Lampiran
Lembar Kerja Siswa IPS kelas III
NO |
LingkunganAlam |
Manfaat |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
Lembar Kerja Siswa IPS kelas III
NO |
LingkunganAlam |
Manfaat |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
A. Lembar Kerja Siswa IPA kelas IV
NO |
NamaTanaman |
JenisAkar |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
B. Jawablah pertanyaan
di bawah ini !
1.
Gambarlah bagian – bagian akar!
2.
Sebutkan jenis – jenis akar !
3.
Sebutkan fungsi akar!
4.
Sebutkan contoh tanaman dari akar
tunggang!
5.
Sebutkan contoh tanaman berakar serabut!