Sabtu, 10 Agustus 2024
PEDOMAN PENILAIAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN FUNGSIONAL CALON PENGAWAS SEKOLAH
Menurut Peraturan Menteri
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010
tentang Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya sebagaimana telah diubah
menjadi Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 14 Tahun 2016, pengawas sekolah
adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab
dan wewenang untuk melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan manajerial
pada satuan pendidikan. Tugas pokok pengawas sekolah adalah melaksanakan tugas
pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan yang meliputi
penyusunan program pengawasan, pelaksanaan pembinaan, pemantauan pelaksanaan 8
(delapan) Standar Nasional Pendidikan, penilaian, pembimbingan dan pelatihan
professional guru, evaluasi hasil pelaksanaan program pengawasan, dan
pelaksanaan tugas pengawasan di daerah khusus.
Untuk melaksanakan tugas tersebut,
seorang pengawas sekolah dituntut untuk memiliki kualifikasi dan kompetensi
yang dipersyaratkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah.
SILAHKAN DOWLOAND LINKNYA SAHABAT KU :
https://docs.google.com/document/d/1jEFLOV161YGY_Ha17Eh8LSt22nUuiH81/edit?usp=drive_link&ouid=106793628968816793972&rtpof=true&sd=true
Contoh Formulir Instrumen Penilaian Pengawas Pendidikan
Instrumen ini digunakan untuk menilai kinerja guru setelah mendapat pembinaan. Aspek yang dinilai meliputi perencanaan pembelajaran, penilaian proses dan hasil belajar siswa, penyusunan RPP, silahkan diambil dan berbagi..dibawah ini..
https://drive.google.com/drive/folders/1UHZ3P67GNMjZ2PuF7b_kX3izENimR3yZ?usp=drive_link
PERANAN ADMINISTRASI DALAM RANGKA MEMAKSIMALKAN KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Manusia tidak dapat melepaskan diri dari manusia lainnya,
karena adanya kegiatan tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh manusia itu
sendiri, maka manusia tersebut membutuhkan bantuan manusia lainnya. Namun dalam
melaksanakan suatu kegiatan, manusia diharapkan mampu memberikan ikatan
hubungan kerjasama antara manusia lainnya, sehingga menghasilkan tujuan bersama
yang telah mengakibatkan terjadinya suatu proses administrasi. Administrasi
sampai saat ini terus berkembang, sehingga perkembangan administrasi sendiri
menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Administrasi merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih untuk mencapai tujuan yang sama.
Kegiatan administrasi dapat berupa surat menyurat,
tulis menulis, menggandakan dan mengirim serta menyimpan keterangan-keterangan
untuk keperluan berjalannya sistem administrasi dalam organisasi dengan baik.
Konsep dari pada surat menyurat, tulis menulis itu harus disiapkan kemudian
diketik dan dilakukan langkah-langkah sampai surat itu dikirimkan, sedangkan
pertinggalnya disimpan sebagai arsip. Oleh karena itu setiap pekerjaan administratif
apapun dalam sesuatu kegiatan tertentu pasti dilaksanakan secara komprehensif.
1
Dengan terkoordinirnya kegiatan-kegiatan administrasi ini
sesuai dengan rencana, maka akan lebih memudahkan pelaksanaan keseluruhan dari
pada proses administrasi pada sebuah organisasi. Sehubungan dengan ini perlu
diketahui bahwa keterangan-keterangan dimaksud akan memudahkan informasi bagi
pimpinan umpamanya dalam mengambil keputusan.
Peranan administrasi merupakan kunci dalam meningkatkan
kinerja karyawan dalam sebuah organisasi. Peranannya menentukan keberhasilan
manakala organisasi tersebut dapat bersaing dengan organisasi yang memiliki
perbedaan dengan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh. Berkaitan dengan administrasi,
Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh sangat membutuhkan kerjasama dengan Stakeholder
dan elemen masyarakat Aceh yang
terkait dengan tujuan dapat mensukseskan visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
Peranan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh
yang hasilnya belum diketahui secara pasti dikarenakan eksistensi kinerjanya
belum dapat diprediksi dalam melakukan evaluasi akhir. Pimpinan Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh mengevaluasi kinerja karyawan di bidang administrasi tidak
semuanya berjalan dengan yang diharapkan dikarenakan keterbatasan pendidikan
dan pengalaman.
Pimpinan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh melakukan
tindakan dengan pendekatan komprehensif terhadap karyawan di Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh terutama di bidang administrasi, dengan tujuan terciptanya etos
kerja sesuai visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh yang
telah disepakati. Dalam memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh pimpinan seharusnya dapat memuaskan masyarakat Aceh sesuai dengan
program kerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
Sejalan dengan uraian di atas, maka penulis tertarik
untuk memilih judul skripsi yaitu: Peranan Administrasi Dalam Rangka
Memaksimalkan Kinerja Karyawan Pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
B.
Identifikasi dan Perumusan Masalah
Adapun identifikasi penelitian
dimaksudkan agar pembahasan dari suatu penelitian tidak menyimpang dari permasalahan
yang telah ditetapkan sebagai berikut:
1.
Peranan administrasi meliputi proses
kerja karyawan dalam mensukseskan keaktifan administratif pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
2.
Peranan administrasi pada Yayasan
Sambinoe Provinsi Aceh terhadap Sarana dan prasarana pendukung untuk
melaksanakan tugas-tugas administrasi karyawan.
3.
Kemampuan kerja pegawai di bidang
pengelolaan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
Dalam rangka melaksanakan penelitian ilmiah, perlu
ditetapkan rumusan masalah yang menjadi pedoman adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
2.
Sejauhmana
kemampuan karyawan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh dalam melaksanakan
tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana mestinya.
3.
Faktor-faktor
apa saja yang menghambat peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan
kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
C. Tujuan
Penelitian
Setelah mengidentifikasi masalah
penulis melakukan penelitian terhadap masalah yang telah ditentukan, tujuan
penelitian untuk mendapatkan data yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
meneliti peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada
Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
2.
Untuk
mengetahui Sejauhmana kemampuan karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh
agar dapat melaksanakan tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana
mestinya.
3.
Untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam memaksimalkan kinerja
karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
D. Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan
manfaat terhadap berbagai aspek, khususnya pada aspek:
1.
Meneliti
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan judul tersebut secara akademis
yang dapat membuahkan hasil penelitian berupa temuan-temuan baru dalam konteks
ilmu administrasi .
2.
Meneliti
dan memecahkan masalah yang terjadi pada Non Goverment Organization
(NGO) dalam bidang administrasi sebagai acuan terhadap ilmu administrasi
sehingga dapat diketahui oleh masyarakat setempat dalam menjalankan roda
administrasi secara efektif dan efisiensi sebagaimana mestinya.
3.
Yayasan
Sambinoe Provinsi Aceh menangani tugas-tugas di bidang kemasyarakatan (publik)
sehingga peneliti dapat melatih kemampuan dalam menganalisa ilmu administrasi.
MELALUI PICTURE DAN PICTURE ANAK DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELALUI MENGENAL KATA PADA MURID TK PEMDA BANDA ACEH
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sesuai
dengan Pasal 1 UU RI No. 20 Tahun 2003, pendidikan adalah usaha sadar dan
terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara
(Depdiknas, 2007:2). TK merupakan lembaga pendidikan pra-skolastik atau
akademik. Itu artinya, TK tidak mengemban tanggungjawab utama dalam
membelajarkan keterampilan membaca dan menulis. Subtansi pembinaan kemampuan
skolastik atau akademikini haruslah menjadi tanggungjawab utama lembaga
pendidikan dasar (Depdiknas, 2007:1).
Anak
usia dini memerlukan banyak sekali informasi untuk mengisi pengetahuannya agar
siap menjadi manusia sesungguhnya. Dalam hal ini membaca merupakan cara untuk
mendapatkan informasi karena pada saat membaca maka seluruh aspek kejiwaan
manusia terlibat dan ikut serta bergerak. Hasilnya, otak yang merupakan pusat
koordinasi pun bekerja keras menemukan hal-hal baru yang akan menjadi pengisi
memori otak sekaligus menjadi bekal pertumbuhan (Adi Susilo, 2011:13).
Kemampuan
membaca anak usia dini umumnya masih relatif kurang karena pedidikan usia dini
merupakan awal atau permulaan anak belajar membaca. Anak usia dini umumnya
enggan untuk membaca sesuatu yang bersifat abstrak. Selain itu tuntutan orang
tua yang menginginkan anak cepat bisa membaca. Ditambah lagi tuntutan dari SD
yang mengadakan penerimaan siswa dengan menggunakan tes baca tulis.
Guru
memerlukan cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Salah satu cara yang
dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan media yang dapat merangsang
minat baca anak didik dalam membaca. Media yang dapat digunakan salah satunya
adalah media kartu gambar. Media kartu gambar adalah media yang berupa gambar
yang diserta dengan kata-kata atau kalimat dibawahnya. Dengan adanya gambar
tersebut, maka anak didik akan terangsang utuk mengetahui maksud gambar
tersebut dan mencoba membaca
Salah satu bentuk permainan
yang dapat merangsang daya ingat anak didik dan membangkitkan imajinasi anak
adalah permainan mengenal kata melalui model
picture and picture. Alat permainan ini dapat membantu guru dalam melatih daya ingat anak untuk mengingat huruf
dan kata. Akibat adanya kecendrungan anak untuk mengingat huruf dan kata hanya
dengan cara menghafal, serta akibat kurangnya minat anak sehingga membuat anak
menjadi bosan untuk mengenal huruf. Berdasarkan berbagai kenyataan diatas yang telah
dipaparkan, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul melalui picture
dan picture anak dapat meningkatkan kemampuan
melalui mengenal kata pada murid TK Pemda Banda Aceh.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas dapat dipahami bahwa masih terdapatnya anak
didik yang mengalami permasalahan dalam pengenalan kata, masalah tersebut
berkaitan dengan keefektifan pembelajaran sehingga akan diatasi melalui
penerapan model pembelajaran picture dan picture.
Dengan demikian, masalah penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.
Kurangnya kemampuan dasar
bahasa dalam aspek keterampilan mengenal kata yang diterapkan pada TK Pemda Banda
Aceh.
2.
Metode pelaksanaan proses
pembelajaran pengenalan kata kepada anak didik
belum tepat sasaran yang
digunakan guru peneliti pada anak TK Pemda Banda Aceh
C.
Cara Memecahkan Masalah
Masalah peningkatan
kemampuan anak didik TK Pemda Banda Aceh
pada kelompok B dalam membaca /pengenalan kata akan dilihat dengan model
pembelajaran picture dan picture.
Adapun langkah-langkah pelaksanan yang akan dilakukan dalam pengenalan
kata melalui model pembelajaran picture dan picture adalah
sebagai berikut:
1)
Guru menyampaikan
kompetensi yang ingin dicapai,
2)
Guru menyampaikan
kegiatan yang akan dilaksanakan oleh anak didik
3)
Guru memperlihatkan
gambar-gambar yang akan dipelajari sesuai dengan materi. Yang akan disusun
sesuai dengan kata yang tertera pada gambar.
4)
Guru memberi kebebasan
memilih teman kelompoknya, anak didik menyusun huruf menjadi kata seperti
bentuk utuh.
5)
Guru menanyakan pada anak
didik kata yang tertera pada gambar tersebut, anak didik dapat mengungkapkan
sesuai dengan kemampuannya.
6)
Dari gambar tersebur guru
dapat menanamkan materi tersebut yang ingin dicapai, menyuruh anak didik untuk
menyebutkan kata lain dari kata awal yang sama sesuai pada gambar dan suku kata
awal yang tertera pada gambar yang ada dihadapannya, guru menulis kata-kata
yang disebut anak.
7)
Guru merangkumkan/membacakan
kembali kata-kata yang telah disebutkan dari anak didik satu persatu.
D. Tujuan Penelitian
Sejalan dengan rumusan
masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Melatih anak agar dapat membaca melalui
pengenalan kata dengan model picture dan picture.
- Menerapkan model pembelajaran picture dan picture sebagai suatu alternatif dalam melaksanakan
pembelajaran pengenalan kata kepada anak.
- Mendiskripsikan kemampuan anak didik pada TK Pemda
Banda Aceh, dalam pengenalan kata
melalui penggunaan model picture dan picture.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini mempunyai
manfaat sebagai berikut:
1).Manfaat teoretis
Manfaat teoretis dari penelitian ini adalah untuk menguji konsisten
temuan empiris sebelumnya tentang model pembelajaran picture dan picture
2).Manfaat praktis
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaaat
sebagai berikut.
a)
Bagi siswa
Adapun manfaat dari penelitian
ini, antara lain:
1.
Mengenal kata dan tulisan
sederhana melalui simbol-simbol.
2.
Mengenal kata melalui
suku kata awal yang sama dengan gambar.
3.
Melatih anak dapat
menyebutkan kata lain sebanyak-banyaknya dari suku kata awal yang sama.
4.
Mengembangkan motorik
halus anak dalam menyusun huruf.
5.
Melatih koordinasi mata,
tangan serta emosi anak
b)
Bagi guru
a.
Menambah pengalaman dalam
mengembangkan metode pembelajaran sehingga dapat memberikan sumbangan nyata
bagi peningkatan profesional guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.
b.
Kegiatan belajar mengajar
lebih bervariasi sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil pengembangan
kemampuan dasar berbahasa.
Diharapkan
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu model pembelajaran dalam
menentukan model pembelajaran yang akan dapat digunakan teman-teman guru lain.
-
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Kepuasan kerja dalam teori motivasi Maslow menempati peringkat yang tinggi. Sebab ia berkaita...
-
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang Masalah Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seorang maupun organisasi akan selalu memiliki tujuan...
-
1. Bagaimana sistem informasi manajemen digunakana di seluruh lapisan manajemen pendidikan ? Sekarang ini manusia sud...