Sabtu, 10 Agustus 2024

PERANAN ADMINISTRASI DALAM RANGKA MEMAKSIMALKAN KINERJA KARYAWAN PADA YAYASAN

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

A. Latar Belakang

Manusia tidak dapat melepaskan diri dari manusia lainnya, karena adanya kegiatan tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh manusia itu sendiri, maka manusia tersebut membutuhkan bantuan manusia lainnya. Namun dalam melaksanakan suatu kegiatan, manusia diharapkan mampu memberikan ikatan hubungan kerjasama antara manusia lainnya, sehingga menghasilkan tujuan bersama yang telah mengakibatkan terjadinya suatu proses administrasi. Administrasi sampai saat ini terus berkembang, sehingga perkembangan administrasi sendiri menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Administrasi merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama.

Kegiatan administrasi dapat berupa surat menyurat, tulis menulis, menggandakan dan mengirim serta menyimpan keterangan-keterangan untuk keperluan berjalannya sistem administrasi dalam organisasi dengan baik. Konsep dari pada surat menyurat, tulis menulis itu harus disiapkan kemudian diketik dan dilakukan langkah-langkah sampai surat itu dikirimkan, sedangkan pertinggalnya disimpan sebagai arsip. Oleh karena itu setiap pekerjaan administratif apapun dalam sesuatu kegiatan tertentu pasti dilaksanakan secara komprehensif.

1

 
Dengan terkoordinirnya kegiatan-kegiatan administrasi ini sesuai dengan rencana, maka akan lebih memudahkan pelaksanaan keseluruhan dari pada proses administrasi pada sebuah organisasi. Sehubungan dengan ini perlu diketahui bahwa keterangan-keterangan dimaksud akan memudahkan informasi bagi pimpinan umpamanya dalam mengambil keputusan.

Peranan administrasi merupakan kunci dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam sebuah organisasi. Peranannya menentukan keberhasilan manakala organisasi tersebut dapat bersaing dengan organisasi yang memiliki perbedaan dengan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh. Berkaitan dengan administrasi, Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh sangat membutuhkan kerjasama dengan Stakeholder dan elemen masyarakat Aceh yang terkait dengan tujuan dapat mensukseskan visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

Peranan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh yang hasilnya belum diketahui secara pasti dikarenakan eksistensi kinerjanya belum dapat diprediksi dalam melakukan evaluasi akhir. Pimpinan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh mengevaluasi kinerja karyawan di bidang administrasi tidak semuanya berjalan dengan yang diharapkan dikarenakan keterbatasan pendidikan dan pengalaman.

Pimpinan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh melakukan tindakan dengan pendekatan komprehensif terhadap karyawan di Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh terutama di bidang administrasi, dengan tujuan terciptanya etos kerja sesuai visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh yang telah disepakati. Dalam memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh pimpinan seharusnya dapat memuaskan masyarakat Aceh sesuai dengan program kerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

Sejalan dengan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk memilih judul skripsi yaitu: Peranan Administrasi Dalam Rangka Memaksimalkan Kinerja Karyawan Pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

B. Identifikasi dan Perumusan Masalah

      Adapun identifikasi penelitian dimaksudkan agar pembahasan dari suatu penelitian tidak menyimpang dari permasalahan yang telah ditetapkan sebagai berikut:

1.      Peranan administrasi meliputi proses kerja karyawan dalam mensukseskan keaktifan administratif pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

2.      Peranan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh terhadap Sarana dan prasarana pendukung untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi karyawan.

3.      Kemampuan kerja pegawai di bidang pengelolaan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

Dalam rangka melaksanakan penelitian ilmiah, perlu ditetapkan rumusan masalah yang menjadi pedoman adalah sebagai berikut:

1.      Bagaimana peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

2.      Sejauhmana kemampuan karyawan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana mestinya.

3.      Faktor-faktor apa saja yang menghambat peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

 

C. Tujuan Penelitian

Setelah mengidentifikasi masalah penulis melakukan penelitian terhadap masalah yang telah ditentukan, tujuan penelitian untuk mendapatkan data yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:

1.      Untuk meneliti peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

2.      Untuk mengetahui Sejauhmana kemampuan karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh agar dapat melaksanakan tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana mestinya.

3.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.

 

D. Manfaat Penelitian

 

Diharapkan penelitian ini dapat memberikan manfaat terhadap berbagai aspek, khususnya pada aspek:

1.      Meneliti dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan judul tersebut secara akademis yang dapat membuahkan hasil penelitian berupa temuan-temuan baru dalam konteks ilmu administrasi .

2.      Meneliti dan memecahkan masalah yang terjadi pada Non Goverment Organization (NGO) dalam bidang administrasi sebagai acuan terhadap ilmu administrasi sehingga dapat diketahui oleh masyarakat setempat dalam menjalankan roda administrasi secara efektif dan efisiensi sebagaimana mestinya.

3.      Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh menangani tugas-tugas di bidang kemasyarakatan (publik) sehingga peneliti dapat melatih kemampuan dalam menganalisa ilmu administrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar