BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Manusia tidak dapat melepaskan diri dari manusia lainnya,
karena adanya kegiatan tertentu yang tidak dapat dilakukan oleh manusia itu
sendiri, maka manusia tersebut membutuhkan bantuan manusia lainnya. Namun dalam
melaksanakan suatu kegiatan, manusia diharapkan mampu memberikan ikatan
hubungan kerjasama antara manusia lainnya, sehingga menghasilkan tujuan bersama
yang telah mengakibatkan terjadinya suatu proses administrasi. Administrasi
sampai saat ini terus berkembang, sehingga perkembangan administrasi sendiri
menjadi suatu proses yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Administrasi merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih untuk mencapai tujuan yang sama.
Kegiatan administrasi dapat berupa surat menyurat,
tulis menulis, menggandakan dan mengirim serta menyimpan keterangan-keterangan
untuk keperluan berjalannya sistem administrasi dalam organisasi dengan baik.
Konsep dari pada surat menyurat, tulis menulis itu harus disiapkan kemudian
diketik dan dilakukan langkah-langkah sampai surat itu dikirimkan, sedangkan
pertinggalnya disimpan sebagai arsip. Oleh karena itu setiap pekerjaan administratif
apapun dalam sesuatu kegiatan tertentu pasti dilaksanakan secara komprehensif.
1
Dengan terkoordinirnya kegiatan-kegiatan administrasi ini
sesuai dengan rencana, maka akan lebih memudahkan pelaksanaan keseluruhan dari
pada proses administrasi pada sebuah organisasi. Sehubungan dengan ini perlu
diketahui bahwa keterangan-keterangan dimaksud akan memudahkan informasi bagi
pimpinan umpamanya dalam mengambil keputusan.
Peranan administrasi merupakan kunci dalam meningkatkan
kinerja karyawan dalam sebuah organisasi. Peranannya menentukan keberhasilan
manakala organisasi tersebut dapat bersaing dengan organisasi yang memiliki
perbedaan dengan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh. Berkaitan dengan administrasi,
Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh sangat membutuhkan kerjasama dengan Stakeholder
dan elemen masyarakat Aceh yang
terkait dengan tujuan dapat mensukseskan visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
Peranan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh
yang hasilnya belum diketahui secara pasti dikarenakan eksistensi kinerjanya
belum dapat diprediksi dalam melakukan evaluasi akhir. Pimpinan Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh mengevaluasi kinerja karyawan di bidang administrasi tidak
semuanya berjalan dengan yang diharapkan dikarenakan keterbatasan pendidikan
dan pengalaman.
Pimpinan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh melakukan
tindakan dengan pendekatan komprehensif terhadap karyawan di Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh terutama di bidang administrasi, dengan tujuan terciptanya etos
kerja sesuai visi, misi dan tujuan kinerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh yang
telah disepakati. Dalam memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh pimpinan seharusnya dapat memuaskan masyarakat Aceh sesuai dengan
program kerja Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
Sejalan dengan uraian di atas, maka penulis tertarik
untuk memilih judul skripsi yaitu: Peranan Administrasi Dalam Rangka
Memaksimalkan Kinerja Karyawan Pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
B.
Identifikasi dan Perumusan Masalah
Adapun identifikasi penelitian
dimaksudkan agar pembahasan dari suatu penelitian tidak menyimpang dari permasalahan
yang telah ditetapkan sebagai berikut:
1.
Peranan administrasi meliputi proses
kerja karyawan dalam mensukseskan keaktifan administratif pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
2.
Peranan administrasi pada Yayasan
Sambinoe Provinsi Aceh terhadap Sarana dan prasarana pendukung untuk
melaksanakan tugas-tugas administrasi karyawan.
3.
Kemampuan kerja pegawai di bidang
pengelolaan administrasi pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
Dalam rangka melaksanakan penelitian ilmiah, perlu
ditetapkan rumusan masalah yang menjadi pedoman adalah sebagai berikut:
1.
Bagaimana
peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe
Provinsi Aceh.
2.
Sejauhmana
kemampuan karyawan Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh dalam melaksanakan
tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana mestinya.
3.
Faktor-faktor
apa saja yang menghambat peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan
kinerja karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
C. Tujuan
Penelitian
Setelah mengidentifikasi masalah
penulis melakukan penelitian terhadap masalah yang telah ditentukan, tujuan
penelitian untuk mendapatkan data yang hendak dicapai adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
meneliti peranan administrasi dalam rangka memaksimalkan kinerja karyawan pada
Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
2.
Untuk
mengetahui Sejauhmana kemampuan karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh
agar dapat melaksanakan tugas-tugas di bidang administrasi sebagaimana
mestinya.
3.
Untuk
mengetahui faktor-faktor apa saja yang menghambat dalam memaksimalkan kinerja
karyawan pada Yayasan Sambinoe Provinsi Aceh.
D. Manfaat Penelitian
Diharapkan penelitian ini dapat memberikan
manfaat terhadap berbagai aspek, khususnya pada aspek:
1.
Meneliti
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan judul tersebut secara akademis
yang dapat membuahkan hasil penelitian berupa temuan-temuan baru dalam konteks
ilmu administrasi .
2.
Meneliti
dan memecahkan masalah yang terjadi pada Non Goverment Organization
(NGO) dalam bidang administrasi sebagai acuan terhadap ilmu administrasi
sehingga dapat diketahui oleh masyarakat setempat dalam menjalankan roda
administrasi secara efektif dan efisiensi sebagaimana mestinya.
3.
Yayasan
Sambinoe Provinsi Aceh menangani tugas-tugas di bidang kemasyarakatan (publik)
sehingga peneliti dapat melatih kemampuan dalam menganalisa ilmu administrasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar