Minggu, 29 Oktober 2023

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG KERIPIK DI KECAMATAN LEMBAH SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Penelitian

            Pertanian Indonesia adalah pertanian tropika dimana sebagian besar daerahnya berada di daerah tropis yang langsung dipengaruhi oleh garis khatulistiwa yang memotong Indonesia hampir menjadi dua. Di samping itu pengaruh khatulistiwa, ada dua faktor alam lain yang ikut memberi corak pertanian Indonesia, yaitu bentuknya sebagai kepulauan dan topografinya bergunung-gunung (Rahim, 2007:3).

Pada prinsipnya, pertanian Indonesia mempunyai sasaran untuk pembangunan pertanian yang efisien dan produktif dengan tingkat pendapatan masyarakat tani menyamai pendapatan rata-rata masyarakat. Dengan demikian diharapkan terjadi pemerataan pendapatan dikalangan masyarakat. Sedangkan arah pembangunan pertanian untuk mencapai maksud tersebut dirumuskan berupa perencanaan pertanian regional terpadu dan konsisten, selaras dengan pembangunan sistem komoditi terpadu dan perencanaan ekonomi sosial.

Kebijakan pembangunan yang menempatkan manusia sebagai titik paling pusat dalam segenap upaya pembangunan, mengasumsikan bahwa setiap warga berhak untuk memperoleh kesempatan untuk berperan serta dalam pembangunan dan menikmati hasilnya secara adil dan merata sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan. Setiap warga negara berhak atas kesejahteraan yang layak dan berkewajiban ikut serta dalam upaya mewujudkan kemakmuran rakyat (Soekartawi, 2002:163).

Perkembangan perekonomian Indonesia pada saat ini diukur oleh maraknya pembangunan pusat perdagangan. Keberadaan pusat perdagangan merupakan salah satu indikator paling nyata dalam kegiatan ekonomi masyarakat di suatu wilayah. Menurut bentuk fisik, pusat perdagangan di bagi menjadi dua yaitu pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern. Dari sisi kepentingan ekonomi, semakin meningkatnya jumlah pusat perdagangan, baik yang tradisional maupun modern mendorong terciptanya peluang kerja bagi banyak orang. Mulai dari jasa tenaga satuan pengamanan, penjaga toko, pengantar barang, cleaning service, hingga jasa transportasi. Ini berarti pusat perdagangan ikut serta dalam mengentaskan masalah pengangguran dan kemiskinan. Namun dari sisi sosial, keberadaan pasar modern dapat mengancam para pedagang pasar tradisional yang merupakan golongan ekonomi menengah kebawah (Agung, 2010:73).

Pengembangan dan perlindungan usaha kecil dan sektor informal harus bertumpu pada mekanisme pasar yang sehat dan adil. Sektor informal merupakan salah satu kekuatan pendorong terdepan dalam pembangunan ekonomi, gerak sektor informal sangat vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan. Banyak bidang informal yang berpotensi untuk diangkat dan digali menjadi salah satu bidang usaha yang menghasilkan keuntungan dan pendapatan keluarga sekaligus dapat menyerap tenaga kerja. Usaha berdagang merupakan salah satu alternatif lapangan kerja informal, pendapatan pedagang informal dapat menjadi tumpuan pendapatan keluarga.

Sektor informal itu sendiri memiliki karakteristik seperti jumlah unit usaha dalam skala kecil, kepemilikan dipegang oleh individu atau keluarga, teknologi yang digunakan sederhana dan menggunakan tenaga kerja, tingkat pendidikan dan keterampilan yang masih rendah. Administrasi dan manajemen keuangan yang masih sederhana, kurang mengenal lembaga keuangan atau menjalin kerja sama dengan lembaga keuangan lain yang terkait, produktivitas tenaga kerja yang rendah dan tingkat upah yang relatif rendah, sedangkan sektor formal adalah pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja di tempat yang memerlukan izin secara khusus mulai dari (proses produksi barang dan jasa) tempat usaha, pemakaian peralatan atau mesin, produk yang berkaitan dengan perlindungan konsumen, masalah yang berkaitan dengan dampak lingkungan hidup sampai penggunaan tenaga kerja  (Mulyadi, 2003:125).

Pada umumnya para pedagang mempunyai tujuan utama mendapatkan laba tertentu (mungkin maksimal) dan mempertahankan atau semakin berusaha meningkatkannya. Untuk itu usaha sektor informal dalam perkembangannya yang semakin luas dan nyata perlu dibina dan dilindungi agar tumbuh menjadi unsur kekuatan ekonomi. Dalam usaha perkembangan usaha sektor informal sangat diperlukan peranan pemerintah. Dalam hal ini pemerintah harus selalu berupaya untuk mendorong dan menciptakan iklim usaha yang kondusif agar usaha kecil tersebut dapat terus tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan demikian, usaha kecil akan menjadi kekuatan ekonomi yang tangguh dan mandiri serta dapat memperkuat struktur perekonomian nasional sehingga usaha kecil benar-benar menjadi tulang punggung perekonomian nasional (Prawirokusumo, 2001:164).

Sektor informal hampir semua sektor bisnis, seperti pedagang asongan, pedagang buah, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Begitu besar jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam hal ini sehingga pemerintah terus memberi perhatian yang serius. Oleh sebab itu penelitian-penelitian terus dilakukan berbagai kalangan untuk mendapatkan hasil dan formula yang terbaik dalam pengelolaan sektor informal ini.

Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan pendapatan melalui sektor informal, salah satunya yaitu dalam bidang perdagangan. Berdagang sangat berkembang pesat di Kecamatan  Lembah Seulawah, karena umumnya kegiatan berdagang merupakan usaha yang dilakukan oleh golongan ekonomi lemah, dimana dari total jumlah penduduk sebagian besar kegiatan berdagang sangat digeluti oleh masyarakat.

Permasalahan yang terjadi di Kecamatan Lembah Seulawah yaitu tidak adanya lembaga keuangan di daerah tersebut, sehingga sebahagian besar pedagang keripik masih menggunakan modal yang terbatas sehingga mengakibatkan perkembangan usahanya tidak terlalu cepat dan bahkan ada yang jalan di tempat. Dilihat dari sektor perekonomian daerah tersebut sudah maju karena banyaknya usaha-usaha dagangan keripik dan sebagai tempat pemberhentian membeli oleh-oleh yang terletak di jalan provinsi Banda Aceh - Medan.

Untuk meningkatkan pendapatan pedagang keripik, tentunya dengan meningkatkan volume penjualan, semakin banyak keripik yang dijual maka semakin meningkat pendapatan, tetapi pedagang kesuiltan memasarkan keripik tersebut, tidak dilakukan dengan promosi-promosi keripik ke berbagai tempat, pemberian fee kepada supir-supir angkutan umum, dan seharusnya dengan memberikan potongan harga kepada pelanggan. Pedagang keripik di Kecamatan Lembah Seulawah tidak terikat dengan waktu, semakin lama pedagang berjualan belum tentu pendapatan yang diperoleh meningkat, sehingga berdagang hanya pada saat jam-jam tertentu ramai pembeli, tidak harus berdagang sampai 24 jam.

.           Penduduk merupakan bagian terpenting dalam perkembangan suatu wilayah. Hal ini berkaitan erat antara informasi sumber daya manusia setempat dengan perumusan kebijakan pembangunan di wilayah tersebut. Jumlah penduduk yang terdata di Kecamatan Lembah Seulawah tahun 2011 berjumlah 10.999 jiwa yang tersebar di 12 desa. Untuk lebih jelasnya mengenai jumlah penduduk di Kecamatan Lembah Seulawah dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut:

Tabel 1.1

Jumlah Penduduk di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh BesarTahun 2011

No

Nama Desa

Jenis Kelamin

Jumlah Penduduk

Pria

Wanita

(Jiwa)

1

Panca

262

239

501

2

Panca Kubu

103

88

191

3

Lam Kubu

123

93

216

4

Lon Asan

267

265

532

5

Lon Baroh

194

188

382

6

Paya Keureuleh

259

242

501

7

Lambaro Tunong

229

194

423

8

Teuladan

495

482

977

9

Lamtamot

1.115

953

2.068

10

Suka Damai

1.372

1.154

2.526

11

Suka Mulia

468

418

886

12

Saree Aceh

918

878

1.796

 

Total

5.802

5.194

10.999

Sumber: BPS Kabupaten Aceh Besar 2012

Pada Tabel 1.1 di atas, menunjukkan bahwa jumlah penduduk di Kecamatan Lembah Seulawah Tahun 2011 adalah 10.999 yang terdiri dari 5.802 laki-laki dan 5.194 perempuan. Jumlah penduduk terbanyak terdapat pada Desa Suka Damai sebanyak  2.526 jiwa dan untuk jumlah penduduk yang paling sedikit terdapat pada Desa Panca Kubu sebesar 191 jiwa.

              Penduduk di Kecamatan Lembah Seulawah memiliki berbagai macam jenis mata pencaharian, salah satunya yang paling memiliki potensi cukup besar yaitu berdagang. Berdagang keripik di Saree ini telah digeluti bertahun-tahun bahkan ada yang merupakan usaha turun temurun, dengan demikian pelaku usaha ini merupakan dari kalangan yang sudah berpengalaman, yaitu tenaga kerjanya umumnya dari keluarga pemilik usaha. Untuk lebih jelasnya jenis mata pencaharian penduduk dapat dilihat pada Tabel I.2.

Tabel 1.2

Jenis Mata Pencaharian Penduduk di Kecamatan Lembah Seulawah

Kabupaten Aceh Besar 2011

No.

Jenis Mata Pencaharian

Jumlah Penduduk

Jumlah

Jiwa

Persentase (%)

Kumulatif

(Jiwa)

1

Petani

3.245

32

3.245

2

Peternak

233

2,3

3.478

3

Pedagang

2.849

28,1

6.327

4

Pengrajin

122

1,2

6.449

5

PNS

730

7,2

7.179

6

Wiraswasta

1.288

12,7

8.467

7

Lain-lain

1.673

16,5

10.140

Sumber : BPS Kabupaten Aceh Besar 2012

 

              Berdasarkan Tabel 1.2 dapat dilihat, sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani yakni sebanyak 3.245 orang atau 32 persen dari jumlah penduduk keseluruhan, pedagang mencapai 2.849 jiwa atau 28,1 persen, sedangkan yang paling kecil adalah yang bermata pencaharian sebagai pengrajin sebanyak 122 jiwa atau 1,2 persen, selebihnya mata pencaharian penduduk lainnya adalah sebagai peternak, pegawai negeri sipil, wiraswasta dan lain-lain, sehingga dari total jumlah penduduk yang mencapai 10.999 jiwa, hanya 859 orang yang tidak bekerja.

Usaha yang digeluti masyarakat di Kecamatan Lembah Seulawah, bergerak dalam bidang berdagang makanan, yaitu berupa keripik ubi kayu, keripik ubi jalar, keripik pisang, jagung rebus, pop corn, dan lain-lain. Jadi bisa dikatakan berdagang yang sejenis ini merupakan hal yang lumrah/ciri khas dikawasan Saree ini. Masyarakat memilih produk ini untuk diolah karena sebagian besar tanah pertanian masyarakat ditanami ubi kayu, ubi jalar, pisang, jagung, dan sebagainya.  Sehingga bisa dikatakan  hasil pertanian langsung menjadi bahan baku, diolah kemudian dijual kepada para pedagang.

Makanan yang paling diminati di kawasan Saree ini berupa keripik ubi kayu, keripik ubi jalar dan keripik pisang, sehingga  masyarakat penggeliat usaha ini mengkonsentrasikan dagangannya pada produksi keripik tersebut. Baru selanjutnya memproduksi tape dan popcorn. Usaha  makanan di wilayah Saree ini dari hari ke hari semakin berkembang mulai dari produsennya,  pedagangnya, dan diferensiasi produknya, dan juga telah meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat di wilayah ini.

Tujuan pengolahan ubi kayu, ubi jalar, dan pisang itu sendiri adalah untuk meningkatkan keawetan pengolahan tersebut, sehingga layak untuk dikonsumsi dan memanfaatkan ubi dan pisang menjadi keripik, agar memperoleh nilai jual yang tinggi di pasaran. Ubi dan pisang sangat besar manfaatnya bagi pemenuhan gizi berupa protein manusia. Namun untuk melihat kandungan gizi pada ubi kayu, ubi jalar, dan pisang dapat dilihat pada Tabel I.3.

Tabel I.3

Susunan Zat Gizi Makanan dalam 100 Gram Ubi Kayu, Ubi Jalar dan Pisang

No

Hasil Pertanian

Kalori (Kal)

Protein (gr)

Lemak (gr)

1

Ubi Kayu

154

1.0

0.3

2

Ubi Jalar

151

1.6

0.3

3

Pisang

91

0.8

0.1

Sumber: Direktorat Gizi, Departemen Kesehatan RI, Tahun 2000

                  

            Berdasarkan Tabel I.3 dapat dilihat, bahwa nilai gizi yang terkandung dalam ubi kayu, ubi jalar, dan pisang sangat tinggi, dimana zat makanan terbanyak yang terkandung dalam 100 gram ubi kayu adalah kalori yaitu sebanyak 154 kalori, protein 1.0 gram dan lemak 0.3 gram. Sedangkan zat gizi ubi jalar terdapat 151 kalori dan pisang 91 kalori yang di ikuti oleh protein dan lemak. Oleh karena itu ubi dan pisang dapat digolongkan pada komoditi substitusi terhadap beras.

              Dari uraian tersebut, maka penulis tertarik melakukan penelitian  dengan judul  “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Keripik di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar”

1.2    Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor mempengaruhi pendapatan meliputi modal, volume penjualan dan curahan jam kerja pada pedagang keripik di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan bagaimanakah pengaruh faktor tersebut?

1.3  Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan meliputi modal, volume penjualan dan curahan jam kerja pada pedagang keripik di Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar dan besarnya pengaruh faktor tersebut.

1.4  Manfaat Penelitian

Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah :

1.      Sebagai wahana latihan peneliti dalam penerapan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku kuliah, serta bahan informasi bagi pembaca.

2.      Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi peneliti lainnya dalam mengadakan penelitian lebih lanjut dan juga menjadi bahan masukan bagi para pedagang keripik di Kecamatan Lembah Seulawah.

3.      Penelitian ini juga diharapkan dapat berguna sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi Pemerintah dan Dinas Pertanian khususnya dan instansi-instansi yang terkait umumnya.

 

 

 

 

 

 

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA PEMBUDIDAYAAN IKAN NILA (OREOCHORMIS NILATICUS) DI DESA GAMPONG BARO KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

 

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penelitian
Indonesia merupakan sebuah negara berkembang yang sekarang ini giat
melakukan pembangunan. Pembangunan yang dilakukan mencakup di segala sektor.
Pembangunan di segala sektor diharapkan dapat mewujudkan struktur ekonomi yang
seimbang dan kokoh sehingga mampu berperan dalam perekonomian nasional.
Sektor pertanian sebagai sektor yang paling menguntungkan pada kekayaan sumber
daya alam merupakan sektor penting dalam perekonomian nasional. Hal ini bukan
saja karena sektor pertanian diharapkan mampu meningkatkan devisa negara, juga
mampu menjaga kelestarian sumber daya alam dan sekaligus diharapkan mampu
menyerap tenaga kerja.
Sebagai negara agraris, sebagian besar dari angkatan kerja dan kegiatan
ekonomi nasional Indonesia berputar di sekitar kegiatan sektor pertanian. Dengan
demikian pembangunan sektor pertanian mempunyai peranan strategis dalam
menjamin keamanan pangan penduduk. Pertanian merupakan sektor ekonomi yang
utama di negara-negara berkembang. Peranan sektor pertanian dalam pembangunan
ekonomi suatu negara menduduki posisi yang sangat penting. Indonesia memiliki
luas lahan dan kondisi iklim yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai
usaha pertanian.
Kegiatan pertanian mencakup lima sub sektor pertanian yaitu pertanian
tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Salah satu sub
sektor kegiatan pertanian adalah perikanan. Indonesia memiliki lahan perikanan air
tawar yang cukup besar. Hal ini merupakan potensi yang besar dalam pengembangan

2
budidaya perikanan untuk mendukung upaya pembangunan perekonomian nasional.
Produksi Perikanan Budidaya Provinsi Aceh menurut Sub sektor Tahun 2005-2012 dapat
dilihat pada tabel diawah ini.
Tabel 1.1
Produksi Perikanan Budidaya Provinsi Aceh menurut Sub sektor
Tahun 2005-2012 (Ton)
Tahun
Perikanan Budidaya
Budidaya
Laut Tambak Kolam Karamba Apung Jaring
2005
- 12336 8733 342 -
2006 17 19596 9016 27 345
2007 - 26451 6305 4 479
2008 - 30936 9642 128 289
2009 36 25851 9839 65 200
2010 42 31041 14238 143 555
2011 164 23405 9224 298 271
2012* 43 27994 12391 223 316
Sumber: Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (2012)
Usaha perikanan sama dengan usaha bisnis lainnya yang bertujuan untuk
memperoleh pendapatan yang besar dengan menggunakan modal yang tidak terlalu
besar. Ruang lingkup kegiatan budidaya ikan
(fish culture) mencakup pengendalian
pertumbuhan dan pengembangbiakan. Usaha pembesaran ikan termasuk dalam
pengendalian pertumbuhan.
Kebutuhan akan gizi mutlak diperlukan karena meningkatkan produktifitas
manusia di segala bidang. Maka perlu dicari bahan pangan yang bermutu baik
dengan harga yang relatif terjangkau dan mudah didapat. Di antaranya adalah ikan,
baik dari hasil tangkapan di laut maupun hasil budidaya. Daging ikan segar
mengandung protein antara 16%-24%, lemak antara 0,2%-2,2%, unsur mineral,
vitamin serta karbohidrat.

3
Ikan Nila
(oreochormis niloticus) adalah salah jenis ikan air tawar yang lezat,
serta memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu
mengurangi berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, mempercepat perbaikan
dan pertumbuhan seluruh tubuh, membangun tulang yang kuat, mengurangi risiko
berbagai penyakit kronis, menurunkan kadar
trigliserida (lemak dalam darah) ,
mencegah
arthritis (peradangan pada persendian), mencegah penurunan kognitif,
mencegah berbagai jenis kanker, mengurangi tanda-tanda penuaan, meningkatkan
kesehatan rambut, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu ikan Nila
mempunyai keunggulan dan perkembangan budidaya relatif lebih cepat. Hal ini
disebabkan oleh sifatnya yang mudah berkembang biak, pertumbuhan badannya
cepat, dan merupakan pemakan plankton serta tumbuhan air lunak yang tumbuh di
dalam kolam. Keunggulan lain, ternyata ikan Nila dapat hidup dalam kondisi air ber
pH = 5.
Ikan Nila termasuk salah satu jenis ikan yang mempunyai toleransi terhadap
kualitas air dengan kisaran lebar, maka ikan Nila sangat cocok dibudidayakan di
kolam-kolam pekarangan yang relatif sempit di sekitar rumah tinggal. Cara
pembudidayaan tidak sulit, dari segi pembesaran, dapat dibudidayakan dengan
berbagai cara atau sistem antara lain : monokultur (pemeliharaan tunggal), polikultur
(pemeliharaan campuran) dan longyam (pemeliharaan terpadu).
Desa gampong Baro merupakan salah satu desa di kecamatan Meuraxa yang
berpotensi dalam usaha pembudidayaan Ikan Nila tersebut, dimana pasca rekontruksi
bencana alam Gempa dan Tsunami tahun 2004 lalu, banyak lahan tidur milik warga
yang terbengkalai dan tak terurus, sehingga memperlihatkan pemandangan yang
tidak sehat (rawa). Hal ini di manfaatkan warga sekitar untuk mengolah lahan

4
tersebut agar dapat digunakan sebagai tempat pembudidayaan ikan Nila
, sehingga
dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar dalam meningkatkan perekonomian.
Dengan harapan dapat menumbuhkan masyarakat yang mandiri dalam usaha
pembudidayaan ikan Nila tersebut. Hal ini didukung oleh keunggulan ikan Nila yang
harganya terjangkau oleh masyarakat, mudah dibudidayakan, pertumbuhan cepat,
serta tahan terhadap oksigen rendah. Kolam yang luas menjadikan ikan mudah
berkembang biak, pemberian pakan ikan yang baik dan teratur menjadikan ikan
tumbuh dengan baik, dan perawatan perlu dilakukan agar ikan terhindar dari hama
dan penyakit. Karena kualitas ikan akan mempengaruhi hasil pendapatan para petani.
Dari uraian tersebut, maka penulis tertarik melakukan penelitian dengan
judul
“Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Pembudidayaan
Ikan Nila (
Oreochormis Nilaticus) di Desa Gampong Baro Kecamatan Meuraxa
Banda Aceh”.
1.2 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah sebagai berikut :
Bagaimana pengaruh antara modal, jam kerja, jumlah produksi dan luas
kolam terhadap pendapatan usaha pembudidayaan ikan Nila di Desa Gampong Baro
Kecamatan Meuraxa Banda Aceh.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :
Untuk mengetahui pengaruh antara modal, jam kerja, jumlah produksi dan
luas kolam terhadap pendapatan usaha pembudidayaan ikan Nila di Desa Gampong
Baro Kecamatan Meuraxa.

5
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah :
1. Sebagai wahana latihan peneliti dalam penerapan ilmu-ilmu yang diperoleh di
bangku kuliah, serta bahan informasi bagi pembaca.
2. Sebagai bahan informasi bagi petani (pembudidayaan) ikan Nila dalam
pengembangan usahanya, dimana penelitian ini sebagai informasi tentang faktor
yang mempengaruhi pendapatan petani dalam usaha perkembangbiakan usaha
ikan Nila.
3. Sebagai bahan pertimbangan pemerintah dan penentu kebijakan dalam
merumuskan kebijakan yang dapat mendukung pengembangan

SOAL KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI PENDIDIKAN

 

Soal dan Jawaban

1.      Setiap organisasi memiliki tujuan yang ingin dicapai. Untuk mencapai Setiap tersebut membutuhkan kepemimpinan. Tidak semua orang mampu berperan sebagai pemimpimn karena tugas yang harus diembannya begitu berat, pada saat mengambil keputusan harus melewati berbagai tahapan. Apalagi saat berhadapan dengan berbagai bawahan yang memiliki perbedaan dalam hal kepentingan, kebutuhan, dan karakter yang beragam. Untuk menghadapi hal tersebut membutuhkan ilmu, tipe atau gaya kepemimpinan yang mumpuni dengan kondisi sekolah kita masing masing.

a.       Jelaskan mengapa perlunya kepemimpinan pendidikan dalam kehidupan manusia dalam pengelolaan sekolah atau lembaga pendidikan?

Jawaban

 

 

b.      Kepemimpinan transformatif sesungguhnya adalah kepemimpinan kharismatik kemukakan nilai plus kepemimpinan transformasional dibandingkan kepemimpinan transaksional?

Jawaban

 

 

c.       Coba uraikan apa yang anda ketahui tentang kepemimpinan situasional dan kepemimpinan visioner?

Jawaban

 

d.      Kemukakan ciri ciri seseorang yang visioner yang mampu melihat dan memanfaatkan peluang peluang dimasa depan?

Jawaban

 

 

2.      Pandangan klasik terhadap motivasi belum bisa diterapkan dengan baik di sekolah negeri karena tidak adanya ketegasan secara pasti antara reputasi yang dimiliki seorang guru dalam mengajar dengan gaji yang diterimanya.

a.       Jika anda sebagai kepala sekolah apa saja yang anda lakukan untuk memotivasi guru dalam melakukan pekerjaan sebaik mungkin?

Jawaban

 

 

b.      Strategi apa yang anda gunakan untuk meningkatkan motivasi para guru?

Jawaban

 

 

c.       Mengapa hirarki kebutuhan menurut Maslow masih merupakan teori motivasi yang paling banyak diplublikasikan?

Jawaban

 

 

3.      Menurut Vasta (Indati, 1996), konflik akan terjadi bila seseorang melakukan sesuatu tetapi orang lain menolak, menyangkal, merasa keberatan atau tidak setuju dengan apa yang dilakukan seseorang. Selanjutnya dikatakan bahwa konflik lebih mudah terjadi diantara orang orang yang berteman.

a.       Jelaskan konsep konflik dari beberapa para ahli dan kemukakan konsep konflik menurut pendapat anda?

Jawaban

 

 

b.      Jelaskan faktor faktor penyebab konflik dan contohnya?/

Jawaban

 

 

c.       Jelaskan jenis jenis konflik dalam organisasi?

Jawaban

 

 

d.      Kemukakan analisis anda model pengelolaan konflik?

Jawaban

 

 

e.       Jelaskan strategi yang efektif untuk mencegah konflik dalam organisasi?

 

 

4.      Culture atau budaya merupakan pengertian yang sulit diekspresikan secara tepat, tetapi setiap orang dapat merasakannya. Robins (1990) menyatakan bahwa saya tidak dapat mendefinisikannya, tetapi saya mengenali itu bila saya melihatnya. Hal ini terjadi karena budaya yang merupakan konteks sosial yang dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang.

a.       Jelaskan pengertian budaya dan budaya organisasi?

Jawaban

 

 

b.      Mengapa budaya organisasi itu penting?

Jawaban

 

 

c.       Bagaimana pengaruh timbal balik budaya organisasi pada individu dan individu terhadap budaya organisasi?

Jawaban

 

 

 

d.      Bagaimana mengelola budaya organisasi?

Jawaban

 

 

e.       Bagaimana aplikasi budaya organisasi dalam dunia pendidikan?

Jawaban

 

 

5.      Menurut Mangkunegara (2004) stres kerja adalah perasaan tertekan yang dialami karyawan dalam menghadapi pekerjaan . stres kerja ini terlihat antara lain dari emosi yang tidak stabil, perasaan tidak tenang, suka menyendiri, sulit tidur, merokok berlebihan, tidak bisa rileks, lemas, gugup, tekanan darah meningkat dan alami gangguan pencernaan sehingga akan mengganggu kinerja organisasi.

a.       Apa yang dimaksud dengan stres dan stres kerja?

Jawaban

 

 

b.      Apa saja jenis jenis stress?

Jawaban

 

 

c.       Apa saja hubungan motivasi, prestasi dan stres?

Jawaban

 

 

 

d.      Apa saja gejala stres, penyebab stres dan dampaknya?

Jawaban

 

 

e.       Bagaimana strategi manajemen stres kerja?

Jawaban

 

 

f.       Bagaimana cara mencegah dan mengurangi stres yang terjadi?

Jawaban

 

 

g.      Berikan pendapat anda bagaimana mengelola stres agar tidak mengganggu kinerja organisasi?

Jawaban

 

 

6.      Istilah kreativitas saat ini sudah menjadi terminologi populer, sehingga orang menggunakan istilah tersebut dengan tujuan dan interpretasi sesuai dengan persepsinya. Padahal, secara konseptual kreativitas merupkan konsep yang bersifat kompleks yang didasarkan atas fungsi dasar berfikir, merasa, penginderaan cipta talen dan institusi. Kreativitas melibatkan sintesis dari semua fungsi, bahkan lebih dari itu karena ada percikan dari dimensi lain (semiawan, 1988:60). Berdasarkan pengertian tersebut, dalam konteks perilaku organisasi muncul berbagai pertanyaan tentang kreativitas dan pengaruhnya terhadap organisasi.

a.       Apa yang dimaksud dengan kreativitas dan bagaimanakah pengaruhnya dalam kehidupan organisasi, khususnya organisasi pendidikan?

Jawaban

 

 

b.      Bagaimanakah unsur, ciri dan hambatan kreativitas dikenali sehingga mampu memberikan konstribusi yang signifikan terhadap tercapainya tujuan organisasi?

Jawaban

 

 

 

c.       Apakah kreativitas dapat dikelola dan dikembangkan dalam kehidupan organisasi pendidikan?

Jawaban

 

 

d.      Sejauhmanakah pentingnya kreativitas dalam organisasi pendidikan?

Jawaban

 

 

e.       Bagaimanakah aplikasi dan implikasi kreativitas dalam organisasi pendidikan pada level sekolah?

Jawaban

 

 

 

7.      Moral dan etik dua istilah yang sering dibahas secara bersamaan dibanyak tempat dan disegala situasi. Setiap hari kita mendengar orang mengemukakan istilah moral dan etik. Dimedia massa, baik TV maupun surat kabar setiap hari ada pemberitaan yang berhubungan dengan moral dan etik, baik dalam konteks individu maupun konteks organisasi.

a.       Apa makna konseptual tentang moral dan etik?

Jawaban

 

 

 

b.      Prinsip prinsip apa saja yang perlu dipedomani agar individu dan kelompok dalam organisasi berperilaku baik?

Jawaban

 

 

 

c.       Variabel apa saja yang mempengaruhi moral anggota organisasi?

Jawaban

 

 

d.      Bagaimanakah membina moral anggota organisasi sehingga organisasi dapat berjalan secara efektif?

Jawaban

 

 

e.       Bagaimanakah dilema moral manajer pendidikan?

Jawaban

 

 

 

8.      Di awal abad ke 21 ini, prestasi pendidikan Indonesia  tertinggal jauh dibawah Negara negara Asia lainnya seperti Singapura, Jepang dan Malaysia. Bahkan jika dilihat dari indeks sumber daya manusia , salah satu indikatornya adalah sektor pendidikann, posisi Indonesia kian menurun dari tahun ke tahun. Lemahnya sumber daya di Indonesia merupakan suatu akibat dari kekeliruan pembangunan pada masa orde lama dan orde baru yang lebih menekankan pada pembangunan fisik dibandingkan mutu pendidikan. Padahal dengan meningkatnya mutu pendidikan, Indonesia akan memiliki SDM yang berkualitas yang akan mampu membantu bangkinya bangsa dari keterpurukan ekonomi.

a.       Jelaskan pendapat anda mengapa mutu pendidikan di Negara kita masih rendah dibandingkan dengan Negara negara lain?

Jawaban

 

 

b.      Kemukakan pendapat anda mengapa mutu pendidikan di Negara kita masih rendah dalam pengelolaan pendidikan untuk menghadapi abad ke 21?

Jawaban

 

 

c.       Berikan pendapat anda kondisi apa yang harus diupayakan pemerintah agar school based management dapat dilaksanakan secara efektif?

Jawaban

 

 

 

 

9.      Analisis kasus: Di suatu Sekolah Menengah Pertama yang berada di Kota Pasundan kepala sekolah adal Jakarta telah mengeluhkan kepada temanya mengenai bebannya yang berat dalam memimpin sekolahh. Pasalnya ia kurang didukung oleh personil sekolah dalam berbagai tindakan untuk mencapai visi sekolah. Ia menuturkan bahwasanya apa yang telah ia pelajari di Cambride Unisersity Australia telah ia praktekkan sebagaimana didapatkan semasa kuliah dulu ketika mengambik S2 di program atudi Administrasi Pendidikan, namun para personil sekolah tidak bekerja sebagaimana ia harapkan, bahkania diacuhkan dan dikucilkan karena dianggap sombong oleh personil sekolah lainnya yang mayoritas berasal dari Kota Pasundan ini. Setelah diidentifikasi secara langsung, para personel sekolah mengungkapkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah tidak cocok dengan gaya kerja kami sebagai orang pasundan. Dia terlalu demokratis dan bebas. Padahal kami begitu bingung dengan apa yang harus kami lakukan jika kepala sekolah meminta kami untuk melakukan sesuatu dan segala sesuatu nya diserahkan kepada kami. Kami merasa tidak tahu apa keinginan kepala sekolah dan apabila kami ada kesalahan, kepala sekolah begitu bebas memberikan koreksi dan teguran tanpa memandang apapun dan dimanapun. Akhirnya kami bekerja seadanya saja dan tidak bersemangat untuk bekerja rajin atau lebih rajin.

a.       Coba anda identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam memimpinn sekolah?

Jawaban

 

 

b.      Kemukakan pendapat anda mengapa personil sekolah itu tidak bertindak sebagaimana diharapkan oleh kepala sekolah?

Jawaban

 

 

c.       Solusinya apa yang akan anda tawarkan kepada kepala sekolah untuk memecahkan permasalahan kasus di atas?

Jawaban

 

d.      Teori motivasi apa yang anda gunakan untuk memecahkan hal tersebut?

Jawaban

 

 

e.       Hal hal apa yang dapat menjadikan personil sekolah menjadi puas?

Jawaban

 

 

 

 

                                                                  

 

 

 

 

 

Kata Mutiara Untuk Skripsi 2020

 

Alhamdulillahirabbila’lamin…….

Terima Kasih, Ya Allah…………..

 

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu

dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat

(Q.S. Al Mujaadilah: 11)

 

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta),

ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya,

niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan kalimat Allah).

Sesungghunya Allah Maha perkasa dan Maha bijaksana.

(Q.S.Luqman: 27)

Ya Allah……..

Engkau telah menganugerahkan kepadaku waktu dan kesempatan untuk menuntut ilmu, dimana waktu yang aku lalui sangat sulit, dengan segala keterbatasanku dalam menggapai cita-cita, kesempatan yang telah engkau tentukan ini ingin mempersembahkan yang terbaik dan bermakna bagi anak-anakku tercinta dan suami  tersayang “karena ilmu adalah warisan yang paling baik.”

Ya Allah…..

Aku bersimpuh kepada-Mu dengan harapan dan doa

aku mohon jangan padamkan semangatku untuk menimba ilmu

 yang bermanfaat bagiku untuk berbakti kepada-MU

semoga ilmu ini semakin menyadarkan aku akan kebesaran-Mu


menjadikan aku lebih arif dan bijaksana dalam menjalani hidup ini.